BerandaPolhukamPilpresPengamat Nilai Hanya Prabowo yang Mampu Tempatkan Isu Dalam Konstelasi Politik Global

Pengamat Nilai Hanya Prabowo yang Mampu Tempatkan Isu Dalam Konstelasi Politik Global

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat Politik dari FHISIP Universitas Terbuka, Insan Praditya Anugrah menyatakan, jika dibandingkan dari ketiga Capres saat debat pertama, hanya Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto yang dapat mengaitkan isu HAM, keadilan dan demokrasi dengan konteks global dan kepentingan negara-negara kuat di Indonesia.

“Ganjar dan Anies sebagai mantan kepala daerah tampak menguasai materi-materi sektoral terutama dalam konteks kewilayahan tertentu di Indonesia. Namun, keduanya tidak seperti Prabowo Subianto yang mampu melihat keterkaitan kondisi HAM, keadilan dan demokrasi saat ini dengan posisi Indonesia di tengah perubahan konstelasi global,” kata Insan dikutip Holopis.com, Selasa (12/12).

Insan mengatakan, Prabowo bisa melihat unsur kepentingan negara – negara lain dalam isu pelanggaran HAM di Papua.

“Prabowo melihat isu pelanggaran HAM Papua, serangan terorisme dan keadilan masyarakat Papua dipengaruhi kepentingan – kepentingan negara besar terhadap Papua, terutama karena kekayaan alam Papua yang menjadi incaran banyak negara,” katanya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tak hanya itu, Insan juga menyimak program hilirisasi industri yang akan dijalankan Prabowo jika terpilih nanti. Ia mengatakan, bahwa hilirisasi memang bisa merugikan negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika Serikat.

“Di sini Prabowo menekankan pentingnya melanjutkan hal tersebut agar masyarakat kita tidak melulu dieksploitasi negara-negara maju. Sementara itu, Ganjar dan Anies tampak melihat isu-isu ini lepas dari kontelasi global” ucapnya.

Insan juga melihat adanya perbedaan antara Ganjar, Anies, dan Prabowo saat membahas demokrasi dan kebebasan berpendapat. Menurut Insan, hanya Prabowo yang menekankan soal persatuan dan kerukunan, sementara Ganjar dan Anis lebih fokus kepada transparansi proses.

“Saat menyinggung soal demokrasi, Ganjar dan Anies lebih berfokus kepada transparansi proses dan kebebasan berpendapat. Sementara itu, Prabowo selain setuju terhadap kebebasan berpendapat juga menekankan pentingnya persatuan dan kerukunan bangsa agar tidak mudah terpecah belah,” kata Insan.

“Prabowo menekankan hal ini karena ia paham bahaya disintegrasi bangsa dapat dimanfaatkan oleh kekuatan-kekuatan dari luar yang ingin menguasai kekayaan Indonesia,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Debat Calon Presiden pertama tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (12/12) di KPU RI. Debat itu menghadirkan ketiga pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Dalam debat ini, hanya ketiga Calon Presiden, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo yang beradu gagasan dengan tema pemerintahan, hukum, dan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi,peningkatan pelayanan publik dan kerukunan warga.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS