BerandaNewsRagamGuru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

Guru Besar IPB Yakin Program Makan bergizi Prabowo Bisa Berjalan Mulus

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Rachmat Pambudy meyakini program makan bergizi yang bakal terlaksana pada pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto dapat berjalan mulus. 

Meskipun saat ini, ketersediaan susu masih terbilang cukup terbatas untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan program tersebut secara keseluruhan.

“Kalau susu terus terang berat, dan pak Prabowo sendiri sudah mengatakan bahwa untuk mencapai pemenuhan menggunakan susu itu tidak mudah, meskipun itu diupayakan,” kata Rachmat dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (5/7). 

Namun perkara tersebut tidak lantas melunturkan keyakinannya terkait program andalan Prabowo-Gibran tersebut. Sebab, kata dia, menu susu pada program tersebut akan menyasar daerah produsen susu.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di sisi lain, ia juga meyakini pemerintah akan menambah produksi susu di Tanah Air melalui sejumlah upaya, seperti memperbaiki genetik hingga memperbanyak indukan sapi, meskipun untuk memperbanyaknya harus dilakukan impor.

“Nanti lambat laun kita juga harus melakukan perbaikan genetik, kita juga harus memperbanyak indukan sapi dan mungkin mau tidak mau kita harus impor sapi perah,” katanya.

Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa Prabowo-Gibran saat ini sudah mempersiapkan program makan bergizi gratis dengan matang, salah satunya tentang bagaimana pemenuhan susu agar program itu bisa berjalan.

Adapun menurutnya salah satu caranya adalah dengan bantuan teknologi dalam hal pembibitan sapi. 

“Sekarang pembibitan sapi bagaimana, sapi kan umumnya dari nontropis, ya kita harus cari bibit yang sapi untuk tropis. Kita punya ahlinya, sudah ada ahli-ahli Indonesia bersama ahli-ahli negara lain yang sudah bisa mengembangkan sapi untuk tropis,” ungkap dia.

“Jadi kalau Australia punya sapi perah tropis itu dipakai, kan ada teknologi-teknologi lain yang bisa dimanfaatkan. Kembali lagi bagaimana kita menghasilkan bibit yang baik, pakan yang terbaik untuk sapi itu,” sambungnya.

Rachmat pun meyakini, Indonesia nantinya bisa swasembada susu. Bahkan dia meyakini, produksi susu di Tanah Air tidak hanya 10-20 liter per hari, tapi 30 liter per hari.

“Kenapa saya yakin? kita pernah bisa, tahun 1980-an kita pernah swasembada susu untuk populasi saat itu. Bahkan kelebihan, sempat dibuang ke sungai,” tutur Rahmat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

4 Kejadian Penembakan Pejabat Amerika Serikat yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Insiden penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania mengagetkan banyak pihak. Momen itu menunjkkan bahwa tim penjaga sekelas mantan presiden negara adikuasa juga bisa lengah terhadap serangan-serangan di hadapan publik.

Sri Mulyani Beri Kode Perpisahan : I’m Gone!

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memberikan kode-kode perpisahan sebelum meninggalkan jabatannya sebagai Bendahara Negara, yang diketahui akan berakhir pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Gelar Long March Bagi Palestina, Wakil Gubernur Sumbar Dukung Munas Ke 10 Forum Zakat

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberi dukungan terhadap Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat pada "Long March untuk Palestina" pada hari Minggu, 14 Juli 2024.

Munas Forum Zakat Bakal Jadi Gerakan Zakat Songsong Indonesia Emas 2045, Dibuka Wapres

Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan segera digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024) mendatang. Rencananya, Wakil Presiden RI K.H Ma'ruf Amin akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ pada Selasa, 16 Juli 2024 mendatang.

Selamat Ulang Tahun Tanjiro Kamado! Tokoh Utama Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Penggemar merayakannya dengan membagikan karya seni penggemar, membuat video spesial, dan mengadakan acara baik online maupun offline.

Gerr! Acara Malam Final ‘Copas’ Comedy Kipaskipas Sukses Bikin Penonton Ketawa Ngakak

Lomba StandUp Comedy bertajuk “COPAS (Comedy KipasKipas)” ini sendiri merupakan sebuah ajang pencarian bakat yang mencari bintang tersembunyi di dunia Comedy.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS