JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah Swiss akan menyita aset Yanukovych Yuriy Ivanyushchenko, mantan anggota parlemen Ukraina, yang dituduh melakukan penggelapan. Aset yang diperkirakan nilainya lebih dari 104 juta dolar AS itu rencananya akan digunakan untuk membantu Ukraina.

Pemerintah Swiss akan memulai proses penyitaan dalam waktu dekat. Dewan Federal Swiss mengatakan, pihaknya memberikan dukungan tersebut karena saat ini Ukraina tengah menghadapi masa-masa sulit akibat perang dengan Rusia.

Berdasarkan regulasi yang berlaku, penyitaan aset dalam situasi luar biasa dapat dimungkinkan. Tetapi, sistem peradilan negara asing yang bersangkutan harus mencoba membenarkan langkah tersebut terlebih dahulu.

Sampai saat ini, pihak berwenang Ukraina tidak dapat mengambil keputusan penyitaan, meskipun ada kerjasama hukum dengan pihak berwenang Swiss.

“Dengan pecahnya perang, kesulitan ini semakin parah,” kata pemerintah Swiss.

Namun, apa yang dilakukan Swiss tidak terkait dengan sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia atas invasinya di Ukraina.

Kementerian keuangan Swiss akan meminta Pengadilan Administratif Federal untuk menyetujui penyitaan aset sehingga aset Yanukovych Yuriy Ivanyushchenko dapat dikembalikan ke Ukraina.

Yanukovych Yuriy Ivanyushchenko merupakan rekan dekat mantan presiden Ukraina, Viktor Yanukovych, yang digulingkan pada 2014.

Aset Yuriy Ivanyushchenko dan anggota keluarga dibekukan di Swiss setelah penggulingan Yanukovych yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan Kremlin.

Nantinya pengadilan federal Swiss akan menentukan apakah aset tersebut dapat disita. Jika setuju, mereka akan disita dan dikembalikan ke Ukraina.