Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hendak Mudik Lebaran, Baca Doa Ini

JAKARTA, HOLOPIS.COMPemerintah telah mengizinkan perjalanan mudik Lebaran 2022. Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat dinanti-nantikan umat muslim, setelah 2 (dua) tahun kegiatan mudik Lebaran dilarang karena alasan pandemi Covid-19.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pada umumnya para pemudik akan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama perjalanan mudik.

Sebab, banyak kemungkinan yang akan terjadi selama dalam perjalanan mudik, mulai dari kehabisan bahan bakar, ban kempes hingga sesuatu hal yang mungkin dapat mengancam nyawa.

Untuk itu, persiapan ini tentu tak hanya dari sisi materil saja, dari sisi rohani juga perlu dipersiapkan selama perjalanan mudik Lebaran.

Melansir NU Online, doa yang dianjurkan dibaca saat dalam perjalanan mudik pada umumnya adalah sebagai berikut :

1. Bismillah

2. Lalu membaca doa berikut:

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

3. Membaca Alhamdulillāh sebanyak 3 kali.

4. Diteruskan dengan membaca Allāhu akbar sebanyak 3 kali.

5. Kemudian membaca doa berikut:

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

Doa ini seperti yang disampaikan oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar. Ia mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra terkait doa berkendaraan. (Imam an-Nawawi, al-Adzkar, 1971: 188).

Selain serangkaian bacaan di atas, pemudik juga bisa membaca surat Al-Ikhlas saat berada dalam perjalanan. Berikut bacaan lengkap Surat Al-Ikhlas :

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4

Qul huwallâhu aḫad. Allâhush shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan aḫad.

Artinya, “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.’”

Nah itu dia amalan doa yang bisa sobat holopis baca saat melakukan perjalanan mudik. Semoga sobat holopis yang hendak melakukan perjalanan mudik diberi kelancaran perjalanan hingga bisa bertemu keluarga di kampung halaman.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Niat dan Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebelum Hari Raya Idul Adha, umat...

Amalan dan Doa Terbaik Dibaca Saat Hari Jumat

Jumat adalah salah satu hari terbaik bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat sering disebut sebagai Hari Raya Islam. Hal ini karena hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

Kumpulan Doa Terbaik di Hari Jumat, Minta Keselamatan – Untuk Kedua Orangtua

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru