Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dorna Puas dengan Inspeksi Sirkuit Mandalika

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sirkuit Mandalika diinspeksi Dorna Sports dan FIM. Hasilnya memuaskan. Kunjungan tersebut sekaligus merupakan Pra Homologasi sebagai syarat menggelar balapan MotoGP.
“Betul (Dorna Sports) datang ke Sirkuit Mandalika,” kata Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto
Ada tiga perwakilan Dorna Sports dan FIM yang melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika pada Rabu (8/4). “Mereka Carlos Ezpelata, Franco Uncini, dan Loris Capirossi,” ujar Happy.
Carlos Ezpeleta adalah managing director Dorna, sementara mantan pebalap Loris Capirossi merupakan promoter representative. Terakhir, Franco Ucini, yang juga mantan juara dunia 500cc 1982, merupkan safety officer FIM.
“FIM yang bertanggung jawab untuk homologasi trek, tapi kami telah seharian berada di Sirkuit Mandalika. Franco Ucini sangat senang dan demikian pula saya,” kata Ezpeleta dikutip dari Antara.
Homologasi merupakan proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap yang meliputi standar kendaraan balap, lintasan dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap.
Sirkuit Mandalika saat ini masih dalam proses pembangunan. Saat ini prosesnya sudah mencapai 50-60%. Sirkuit ini ditargetkan kelar pada Juni.
Dari hasil inspeksi yang sudah dilakukan FIM dan Dorna mengaku puas dengan perkembangan dan kondisi pembangunan Sirkuit Mandalika. Perwakilan Dorna dan FIM juga memuji sirkuit yang nantinya akan menjadi trek jalanan pertama yang menggelar balapan MotoGP.
“Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya,” ujarnya.
Pembangunan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021.
“Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan… tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini, dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya,” tutur Ezpeleta.
Sirkuit Mandalika memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Di kalender MotoGP 2021, status MotoGP Indonesia masih cadangan. Pemerintah berharap Sirkuit Mandalika bisa menggelar balapan MotoGP tahun ini, menjadi bagian dari seri Asia yang digelar pada Oktober.
Di sepanjang Oktober ada empat balapan yang sudah digelar, yaitu MotoGP Jepang (3/10), Thailand (10/10), Australia (24/10), dan Malaysia (31/10). Dari Malaysia balapan akan berlanjut ke Valencia yang merupakan seri penutup musim ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Persib vs Persija : Carlos Pena Ngarep Hasil Terbaik

Duel super big match Persib vs Persija akan tersaji di hari terakhir pekan ke-6 Liga 1 musim 2024/2025. Pelatih Carlos Pena pun berharap bahwa timnya bisa meraih hasil yang terbaik pada laga tersebut.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Kandas di Semifinal

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper dari China Open 2024, usai gagal meraih kemenangan di babak semifinal.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini : Chelsea hingga Liverpool Main, Palace vs MU

Jadwal Liga Inggris malam ini akan menyajikan sejumlah laga seru, dimana tim-tim top seperti Chelsea, Liverpool hingga Manchester United (MU) akan tampil.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru