Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizJokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

Jokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

HOLOPIS.COMPresiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pembangunan smelter atau pabrik pengolahan hasil tambang oleh PT AMMAN Mineral Internasional Tbk yang ada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurutnya, pembangunan smelter ini merupakan langkah konkret untuk memberikan nilai tambah hasil tambang yang diambil dari bumi Indonesia.

“Bapak Ibu bisa bayangkan, kalau penambangan dan pengolahan di Sumbawa yang dikerjakan oleh PT AMMAN ini mengolah 900.000 ton konsentrat per tahun, bayangkan kalau selamanya hanya diekspor dalam bentuk konsentrat, nilai tambahnya tidak berada di kita, nilai tambahnya berada di negara-negara yang memiliki smelter,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan smelter tambang tembaga di NTB, seperti dikutip Holopis.com, Senin (23/9).

Menurutnya, pembangunan smelter ini memang membutuhkan keberanian yang tinggi agar pengelolaan hasil pertambangan tidak menguap begitu saja ke negara asing.

Apalagi, hasil dari tambang yang dilakukan PT AMMAN Mineral Internasional juga sangat besar. Di mana rinciannya berdasarkan laporan yang disampaikan kepada Presiden Jokowi antara lain ; 220.000 ton katoda tembaga, 18 ton kurang lebih emas, 55 ton perak, dan 850.000 ton asam sulfat.

“Sehingga keberanian dan niat baik dari PT Amman saya sangat mengapresiasi sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga mengharapkan pembangunan smelter ini bisa memberikan efek domino kepada semua sektor, baik nilai tambah pengelolaan hasil tambang, terbukanya lapangan kerja yang menyerap potensi dari masyarakat lokal, serta memberikan nilai tambah bagi pendapatan daerah.

“Saya berharap dengan pengoperasian semeter Ini betul-betul bisa memberikan multiplayer effect sebanyak-banyaknya, baik bagi masyarakat yang membuka kesempatan lapangan kerja,” tutur Jokowi.

“Dan juga kita harapkan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) di provinsi Nusa Tenggara Barat bisa naik, di Sumbawa Barat juga bisa naik, dan yang mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya adalah rakyat di NTB, dan rakyat di seluruh tanah air Indonesia,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Sri Mulyani Ingatkan Digitalisasi Keuangan Daerah Bisa Timbulkan Malapetaka

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pemerintah pusat sedang mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan modernisasi dan digitalisasi sistem keuangan daerah, khususnya terkait administrasi perpajakan.

APBN Agustus 2024 Defisit Lagi, Sri Mulyani Klaim Masih On Track

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir Agustus 2024 kembali mencatatkan defisit sebesar Rp 153,7 triliun.

Sri Mulyani Akui Pemerintah Bisa Bikin RI Terancam Middle Income Trap

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti ancaman middle income trap atau jebakan kelas menengah yang tengah dihadapi Indonesia.

Awal Pekan, Harga Emas Antam Masih Stagnan di Level Rp 1.455.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.