HOLOPIS.COM, BEKASI – Dedi Mulyadi Bakal calon gubernur Jawa Barat mempunyai ide ingin membangun sarana transportasi sungai perkotaan di sepanjang Sungai Kalimalang, Kota Bekasi. Tujuannya tak lain ialah untuk menata akses transportasi bagi masyarakat Kota Bekasi.

“Kalau Kalimalang itu sudah menjadi ide saya sejak lama karena saya sering ke Bekasi. Sejak lama untuk segera dilakukan penataan. Bahkan saya ingin merumuskan sarana transportasi sungai perkotaan,” kata Dedi usai menyapa warga Kranggan, Jatisampurna Kota Bekasi pada (20/09).

Dedi menambahkan,Ia ingin agar sarana transportasi di Kalimalang dilengkapi kapal-kapal berukuran kecil.Yang nantinya kapal tersebut dapat mengangkut warga dari Kota Bekasi ke Jakarta,pun sebaliknya.

Bukan hanya sebagai sarana transportasi,apa yang menjadi ide tersebut Dedi juga meklaim nanti bisa menjadi sarana edukasi dan rekreasi.

“Ide sarana transportasi sungai, khususnya di wilayah Jawa Barat, sebetulnya bukan hal baru. Setidaknya ide tersebut sudah muncul sejak era pemerintahan Hindia Belanda,Jadi Belanda dulu sudah punya ide ingin membangun kanal dari Tarum Timur sampai Tarum Barat dan itu menjadi sarana transportasi publik,” jelasnya.

“Nah karena Belanda itu kan kota air, tidak apa-apa kita belajar dari Belanda untuk mengembalikan air itu menjadi kekuatan energi, kekuatan transportasi, dan air itu sumber dari kebersihan,” imbuhnya. 

Dalam hal ini Dedi pun berjanji akan merealisasikan wacana tersebut apabila terpilih sebagai gubernur Jawa Barat.

“Insya Allah saya punya konsep tentang itu. Saya kan termasuk orang yang mencintai air. Di Purwakarta punya kolam kecil saja dibikin air mancur indah,” tutupnya.