Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Sebut 79 Tahun Indonesia Merdeka Masih Dibayangi Bau Kolonial

HOLOPIS.COM, IKN – Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyinggung bahwa Indonesia sebenarnya belum sepenuhnya merdeka dari penjajahan kolonial.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Daerah se-Indonesia di IKN pada Selasa (13/8).

Mulanya Jokowi menjelaskan asal muasal berdirinya Istana baik yang berada di Jakarta maupun Bogor yang berasal dari masa penjajahan.

“Jadi kalau Istana kita yang ada di Jakarta, yang ada di Bogor itu adalah istana bekas kolonial yang dulunya dihuni, jadi di istana negara itu dihuni oleh Gubernur Jenderal Pieter Gerardus Van Overstraten,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Jokowi kemudian melanjutkan bagaimana penggunaan Istana yang telah berdiri sampai saat ini sebelumnya digunakan oleh para penjajah.

“Kemudian Istana Merdeka, saya juga kaget, ternyata Istana Negara dan Istana Merdeka itu berbeda, itu dihuni oleh Gubernur Jenderal Johan Wilhelm van Landshark. Kemudian yang di Bogor itu ternyata ada gubernur jenderal lagi, gubernur jenderal belanda GW Baron Van imhoff,” bebernya.

Jokowi kemudian menyebit, bau kolonial masih sangat kental saat dirinya 10 tahun menggunakan bangunan bekas penjajah tersebut.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa itu sekali lagi, Belanda, bekas gubernur jenderal Belanda. Dan sudah kita tempati 79 tahun. ini bau-bau kolonial selalu saya rasakan setiap hari, dibayang-bayangi,” ucapnya.

Oleh karena itu, Jokowi pun menyebut bahwa pembangunan Istana Garuda IKN menjadi solusi dalam menghapus sisa kolonialisme di Indonesia.

“Dan sekali lagi, kita ingin menunjukkan bahwa kita punya kemampuan untuk juga membangun ibu kota sesuai dengan keinginan kita, sesuai dengan desain kita, tetapi memang masih memerlukan waktu yang panjang,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru