Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Penuh Kegigihan, Veddriq Leonardo tetap Berlatih di Tengah Kabut Asap Karhutla

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Veddriq Leonardo membuat heboh masyarakat setelah berhasil menyabet medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024 setelah sebelumnya Indonesia terkesan lesu dan berada di peringkat ke-71 di klasemen sementara pada 8 Agustus 2024 lalu.

Prestasinya ini merupakan rekor emas pertama dari cabang olah raga panjat tebing dan cabang olah raga selain bulu tangkis di Olimpiade untuk Indonesia.

Peringkat pertama ia raih setelah mengalahkan andalan China, Wu Peng di nomor Speed dengan memanjat 15 meter dalam waktu 4,75 detik.

Dilansir oleh Holopis.com dari situs Olimpiade, Veddriq yang merupakan atlet kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat ini mulai menggeluti olahraga panjat tebing sejak bangku SMA. Awalnya menjajal nomor boulder, potensi terbaik Veddriq ternyata di nomor speed.

Ibunda Veddriq, Rosita, mengatakan raihan medali yang diperoleh putranya tak lepas dari kepribadiannya yang kokoh dan teguh pada pendirian.

“Sejak kecil, Veddriq merupakan anak yang sangat gigih dan teguh pendirian. Jika ia mengatakan A, maka harus A,” papar Rosita dalam keterangannya melalui rilis PB FPTI seperti dikutip oleh Holopis.com.

“Bahkan, di saat ada kebakaran hutan di Kalimantan, ia tetap berlatih di bawah kabut asap yang memenuhi langit Kalimantan,” lanjutnya.

Veddriq pun dikenal telah menuai banyak prestasi di ajang internasional dan memecahkan rekor dunia. Di babak kualifikasi Olimpiade Paris, dia bahkan menempati posisi ke-3 dalam babak final seri kedua kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Budapest, Hungaria.

Namun, Veddriq ternyata telah berulang kali mengharumkan nama Indonesia di pentas international, salah satunya dengan menyabet medali emas Piala Dunia Panjat Tebing di Korea Selatan pada 2023 dan Amerika Serikat pada 2021.

Veddriq juga merupakan atlet pemegang rekor dunia. Terbaru Veddriq memecahkan rekor dunia pada International Sport Climbing (IFSC) 2023 di Seoul Korea Selatan pad 28 April 2023.

Berikut ini prestasi Veddriq Leonardo selain medali emas di Olimpiade Paris 2024:

  • Kejuaraan Dunia: 6 Kali
  • Ajang: Piala Dunia IFSC 2021 AS, Piala Dunia IFSC 2021 Swiss, Piala Dunia IFSC 2022 Korsel, Piala Dunia IFSC 2022 AS, Piala Dunia IFSC 2023 Korsel, Piala Dunia IFSC 2023 AS
  • Asian Games: 1 Emas (Asian Games 2018)
  • PON: 1 Emas (PON Papua)
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru