Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizIHSG Dibuka Perkasa, Tapi Rupiah Malah Loyo

IHSG Dibuka Perkasa, Tapi Rupiah Malah Loyo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kinerja mayoritas bursa di Asia mengalami penguatan pada perdagangan Rabu (31/7) pagi ini, termasuk bursa Indonesia.

Berdasarkan data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat di level 7.251, dan berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.200 – 7.270.

Analis Pasar Keuangan, Gunawan Benjamin menerangkan, penguatan IHSG dan sejumlah bursa di Asia para pagi ini ditopang oleh melemahnya imbal hasil US Treasury dan indeks USD.

Namun, kinerja mata uang rupiah pada perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah di level Rp16.310 per dolar AS. Rupiah berpeluang bergerak dalam rentang Rp16.270 hingga Rp16.330 per dolar AS selama sesi perdagangan hari ini.

Selain itu, agenda ekonomi juga memberikan peranan terhadap kinerja pasar keuangan, yang terlihat data kepercayaan konsumen AS, dimana indeksnya mengalami penguatan di atas level 100.

Sementara itu, kinerja manufaktur China masih mengalami kontraksi pada bulan Juli, di mana indeks manufakturnya berada di level 49,4.

“Data tersebut menjadi sentimen negatif bagi pasar di Asia hari ini,” kata Gunawan dalam hasil risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (31/7).

Di sisi lain, kata Gunawan, pelaku pasar di Asia juga tengah menanti kebijakan Bank Sentral Jepang atau BoJ, yang akan menetapkan besaran bunga acuannya.

“Selebihnya, pasar keuangan akan disuguhkan data inflasi AS pada perdagangan besok yang menjadi penggerak pasar selanjutnya,” ujarnya.

Meskipun IHSG menorehkan hasil yang positif, namun kinerja mata uang rupiah pada perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah di level Rp16.310 per dolar AS, dan berpeluang untuk bergerak dalam rentang Rp16.270 hingga Rp16.330.

Sedangkan untuk harga emas terpantau mengalami penguatan dibandingkan dengan harga kemarin di level USD2.407 per ons troy

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Berpeluang Menguat, Cek Rekomendasi Sahamnya

Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (17/9), setelah libur panjang akhir pekan atau long weekend.

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.