Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang

“Jembatan ini dibangun 2015 dan menghabiskan anggaran 1,43 triliun,” jelas Jokowi.

HOLOPIS.COM, KALIMANTAN TIMUR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jembatan Pulau Balang yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Alhamdulillah pada sore hari ini akan segera kita resmikan salah satu infrastruktur pendukung ibukota negara Nusantara,” kata Presiden Jokowi dengan mengenakan jaket motor bertuliskan Nusantara seperti dikutip Holopis.com, Minggu (28/7).

Jembatan ini merupakan jalan penghubung infrastruktur di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara), tepatnya untuk menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kita akan segera resmikan jembatan Pulau Balang yang menyeberangi Teluk Balikpapan yang akan menghubungkan antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, atau nantinya juga dari Provinsi Kalimantan Timur menuju ke Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Spesifikasi jembatan ini antara lain ; memiliki bentang utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.969 meter. Jembatan ini juga memiliki lebar 22,4 meter yang mencakup 4 lajur, jembatan ini dilengkapi dengan trotoar di samping kanan dan kiri.

Digadang-gadang, jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Pulau Balang ini menjadi ikon baru koridor Trans-Kalimantan.

Disampaikan Presiden Jokowi, bahwa jembatan Pulau Balang sudah diproyeksikan sejak tahun 2015. Artinya, hampir 9 tahun proyek infrastruktur ini baru bisa dirampungkan.

“Jembatan ini dibangun 2015 dan menghabiskan anggaran 1,43 triliun,” jelas Jokowi.

Jembatan Pulau Balang
Jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang diresmikan Presiden Jokowi pada hari Minggu, 28 Juli 2024.

Akses menuju jembatan ini dilalui dengan track jalan tol. Walaupun jalan tersebut belum sepenuhnya rampung, namun aspal lintasannya dipuji Presiden Jokowi.

“Dan tadi sudah kita coba jalan tol, meskipun belum selesai 100% tapi mulus dan nyaman. Tapi pak Basuki yang menyebabkan kita ngebut, tadi kita harus ngebut ke di depan, ngebut terus. Kalau kita nggak ikut ngebut, ketinggalan terlalu jauh,” celetuk Jokowi yang disambut gelak tawa influencer yang ikut hadir.

Tampak sejumlah wajah artis ternama tanah air ikut menghadiri peresmian jembatan Pulau Balang tersebut. Beberapa di antaranya adalah Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Marten, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Willie Salim, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Ferry Maryadi, Poppy Sovia, Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari, dan Sintya Marisca Handayani.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” pungkas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru