Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejarah Gunting Kuku, Begini Awal Mulanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gunting kuku adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong kuku. Gunting kuku seperti kita ketahui, terbuat dari logam dengan prinsip kerja tuas.

Gunting kuku sejatinya merupakan alat yang modern, mengingat orang zaman dulu memotong kuku dengan menggunakan pisau.

Bahkan, sebuah temuan di Eropa kala itu, ada pisau cukur dan pemotong kukus yang pegangannya berupa tulang, kedua benda itu diperkirakan digunakan sekitar abad ke-6 hingga ke-8 sebelum Masehi.

Meski begitu, hak atas temuan pengembangan gunting kuku yang terukir dalam sejarah, jatuh ke tangan orang Amerika Serikat, Velentine fogerty tahun 1875.

Bentuk gunting kuku kala itu berbentuk lingkaran, tidak seperti sekarang. Ada pun gunting kuku yang bentuknya seperti flip penjepit saat ini pertama kali dicetuskan oleh Eugene Heim dan Oelestin Matz pada 1881.

Pemotong kuku ketika itu pun belum sepenuhnya mirip dengan yang sekarang, bahkan lebih condong seperti penggunting rumput, dengan dua pegangan.

Bentuk gunting kuku kemudian berubah seiring berjalannya waktu hingga seperti gunting kuku pada umumnya saat ini.

Bahkan, saat ini pengembangan bentuk gunting kuku semakin beragam, dengan keunggula-keunggulan tertentu.

Selain daripada itu, gunting kuku saat ini juga memiliki desain-desain yang unik tanpa merubah bentuk sebenarnya. Hanya saja ada beberapa gunting kuku yang memang didesain bagian tajamnya dengan menyesuaikan jari masing-masing.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru