BerandaNewsEkobizMendagri Wanti-wanti Pemain Transportasi Tak Seenak Jidat Naikkan Harga Tiket

Mendagri Wanti-wanti Pemain Transportasi Tak Seenak Jidat Naikkan Harga Tiket

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian mewanti-wanti para pelaku di sektor transportasi, baik darat dan udara untuk tidak seenaknya menaikkan harga tiket saat momen liburan.

Sebab menurutnya, kenaikan harga tersebut justru akan memicu terjadinya inflasi pada periode bulan tersebut.

Pada periode April 2024, harga tiket transportasi baik pesawat hingga bus menyumbang inflasi besar, yang terbilang besar. Terlebih saat itu, tengah berlangsung momen mudik Lebaran.

“Transportasi jadi penyumbang inflasi utama di bulan April. Dan harus kita waspadai karena adanya hari libur yang cukup panjang di Mei ini, ada 2 kali,” ujarnya dalam rapat koordinasi virtual yang dikutip Holopis.com dari kanal YouTube Kemendagri RI, Senin (13/5).

Penerbit Iklan Google Adsense

Tito mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mencegah operator transportasi sengaja menggunakan harga batas atas ketika penumpang sedang meningkat.

“Kami kira kami akan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menjaga agar harganya tidak dimanfaatkan oleh para operator transportasi untuk menaikan harga tiket untuk mengejar kentungan tapi berdampak inflasi,” jelasnya.

Tito mengatakan, bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mencegah adanya pelaku di sektor transportasi yang sengaja harga batas atas ketika penumpang sedang meningkat.

“Kami kira kami akan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menjaga agar harganya tidak dimanfaatkan oleh para operator transportasi untuk menaikan harga tiket untuk mengejar kentungan tapi berdampak inflasi,” jelasnya.

Tito juga meminta pemerintah daerah untuk berkoordinasi dengan pengusaha transportasi darat setempat agar tidak sengaja menggunakan batas atas harga tiket.

“Kemudian di daerah juga tolong koordinasikan dengan pengusaha transportasi supaya tidak mengejar harga acuan tertinggi ketika penumpang sudah cukup padat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS