Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Retinol Punya Banyak Manfaat, Tapi Jadi Malapetaka Jika Terlalu Sering Digunakan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Retinol adalah salah satu bahan kecantikan yang sering digunakan untuk merawat kulit dari penuaan dini (aging). Tak hanya sekadar janji marketing, retinol memang terbukti bisa menjaga kulit dari berbagai masalah, mulai dari kerutan, kulit kering, kemerahan, dll.

Retinol adalah bagian dari grup kandungan vitamin A. Produk-produk retinol yang dijual di pasaran adalah versi dari retinol yang lebih rendah, sehingga aman digunakan secara bebas tanpa pengawasan dokter kulit.

Meski demikian, penggunaan retinol yang berlebihan bisa memberikan dampak yang negatif untuk kulit.

1. Iritasi

Penggunaan retinol dalam konsentrasi tinggi atau terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit, yang bisa berupa kemerahan, kering, mengelupas, atau terasa perih.

2. Sensitivitas Kulit

Retinol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika tidak dilengkapi dengan perlindungan matahari yang cukup, paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko terbakar matahari dan kerusakan kulit lainnya.

3. Kemerahan

Retinol bisa menyebabkan kemerahan yang tidak nyaman pada kulit, terutama pada orang dengan kulit yang sensitif atau jika digunakan secara berlebihan

4. Kulit Kering

Retinol bisa menyebabkan kulit menjadi kering, terutama pada awal penggunaan atau jika tidak diimbangi dengan pelembap yang memadai.

5. Pelekatan

Retinol dapat menyebabkan kulit mengelupas atau mengalami proses pergantian kulit yang berlebihan, yang dalam beberapa kasus dapat membuat kulit terlihat lebih kusam atau tidak merata.

Untuk menghindari dampak negatif tersebut, Sobat Holopis disarankan untuk menggunakan retinol dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen atau ahli perawatan kulit.

Mulailah dengan konsentrasi yang rendah dan frekuensi penggunaan yang terbatas, kemudian tingkatkan secara bertahap jika kulit terlihat merespons dengan baik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru