Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSoal Bayar Kuliah Boleh Pakai Pinjol, OJK : Pilihan di Tangan Mahasiswa

Soal Bayar Kuliah Boleh Pakai Pinjol, OJK : Pilihan di Tangan Mahasiswa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara terkait polemik pembiayaan uang kuliah tunggal (UKT) di Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan skema cicilan pinjaman online alias pinjol.

Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK Mahendra Siregar mengatakan, bahwa skema pembiayaan uang kuliah tersebut telah sesuai dengan mekanisme yang ada.

Dia berujar, bahwa terdapat program kerja sama antara ITB dengan PT Inclusive Finance Group (Danacita) selaku perusahaan penyedia jasa pembiayaan terkait hal tersebut. Pun dengan Danacita sendiri, kata dia, telah mengantongi izin sah dari pihaknya.

“Ini memang ada program kerja sama antara perusahaan ini (Danacita) dengan universitas (ITB),” katanya dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Selasa (30/1).

Mahendra menekankan, bahwa kerja sama tersebut sah-sah saja dilakukan tanpa perlu persetujuan dari OJK. Dia menilai, keputusan mengambil pinjaman ini sepenuhnya menjadi pilihan mahasiswa.

“Baiknya menggunakan fasilitas pinjaman dari P2P lending atau tidak, tentunya adalah pilihan yang ditetapkan dan dilakukan oleh masing-masing mahasiswa,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia pun meyakini Danacita sudah cukup berpengalaman dalam menyediakan dalam hal pembiayaan untuk keperluan pendidikan di Tanah Air.

“Karena setahu kami, perusahaan ini juga telah melakukan kerja sama serupa dengan berbagai universitas lainnya,” katanya.

Kendati demikian, Mahendra menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengawalan dan meminta Danacita untuk tetap memperhatikan dan menjalankan dengan baik seluruh proses penyaluran pembiayaan dengan penuh kehati-hatian dan transparan.

“Lebih penting lagi meningkatkan edukasi kepada mahasiswa mengenai hak kewajiban dan risiko kepada konsumen, termasuk mementingkan perlindungan konsumen,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.