Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tips Cegah Stunting pada Anak, Salah Satunya Soal Pola Asuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang pada anak dikarenakan gizi buruk serta stimulasi psikososial yang tidak memadai.

Sementara itu, stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang masih menggejala di Indonesia. Problem stunting juga menjadi perhatian khusus Kementerian Kesehatan melalui sejumlah kampanyenya.

Diketahui, Tak ada satupun penelitian yang mengatakan bahwa keturunan mempunyai andil yang lebih penting daripada gizi dalam hal pertumbuhan fisik anak.

Dengan begitu, Hal ini bisa menepis anggapan masyarakat yang pada umumnya memandang pertumbuhan fisik anak sepenuhnya disebabkan oleh faktor keturunan.

Dikutip Holopis.com dari Kementerian Kesehatan, Senin (20/11), ada beberapa cara untuk mencegah anak sobat Holopis dari masalah stunting, yuk simak tipsnya.

Pola makan pada anak

Beri anak sobat Holopis dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang, hal ini merupakan salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. 

Pola asuh

Sebagai contoh, sobat Holopis harus bisa memberikan ASI hingga usia 6 bulan, dan membawa bayi ke posyandu untuk melakukan pemantauan tumbuh kembangnya. 

Akses air bersih serta sanitasi

Sobat Holopis harus memenuhi akses air bersih dan sanitasi yang baik agar terhindar dari penyakit infeksi. Maka dari itu, biasakan anak Anda untuk cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru