Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bintik Putih di Kuku, Yakin Karena Ada yang Kangen?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pernahkah Sobat Holopis mengalami bintik putih di kuku tangan? Kalau pernah, masihkah Sobat Holopis berpandangan bahwa hal itu karena ada seseorang yang naksir atau kangen dengan Sobat?

Di kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia, munculnya bintik putih pada kuku tangan seringkali dikaitkan dengan kehidupan sosial seseorang.

Umumnya, bintik putih yang muncul di tangan kanan menandakan bahwa ada seseorang yang tertarik atau suka. Sedangkan jika bintik putih itu muncul di tangan kiri menandakan, bahwa ada seseorang yang benci.

Ternyata, hal tersebut hanyalah mitos belaka. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh dr Nadia Alaydrus melalui unggahan video di akun Instagramnya.

Melalui unggahannya itu, dr Nadia menjelaskan, bahwa bintik putih yang muncul di kuku dalam istilah medis disebut dengan istilah Leukonychia.

“Jadi ini itu disebut dengan Leukonychia. Ini adalah kondisi dimana adanya bintik putih pada kuku. Kalau cuman sebagian itu disebut dengan Leukonychia parsialis,” kata dr Nadia sebagaimana dikutip Holopis.com, Minggu (23/7).

Dia mengatakan, bahwa Leukonychia bukan menjadi hal yang berbahaya di dunia kesehatan. Namun, munculnya bintik kecil ini menandakan adanya suatu kondisi tertentu pada tubuh, salah satunya yakni kekurangan zat gizi.

“Sebenarnya ini (Leukonychia) bukan merupakan sesuatu yang berbahaya. Tapi ini tuh bisa menjadi suatu tanda dalam suatu kondisi. Yang pertama yaitu kekurangan zat gizi,” tuturnya.

Nadia yang merupakan dokter kecantikan sekaligus influencer itu lantas menjelaskan, bahwa Leukonychia dapat dialami oleh mereka yang kekurangan zat gizi, seperti zinc dan kalsium.

Selain itu, kondisi lain yang kemungkinan terjadi saat seseorang mengalami Leukonychia adalah karena adanya cedera pada kuku itu sendiri.

“Yang kedua bisa aja kuku kamu itu mengalami cedera. Biasanya kan suka nggak sadar tuh, misalnya tumpul atau sesuatu yang keras,” jelasnya.

Tak hanya itu, munculnya bintik putih juga bisa terjadi karena adanya jamur atau onikomicosis pada kuku. “Nah biasanya yang ketiga ini spot putihnya banyak dan lebih dari satu jari,” pungkasnya.

Nah, demikian penjelasan mengenai bintik putih pada kuku. Jadi Sobat Holopis jangan baper lagi ya, kalau muncul bintik putih di kuku tangan kanan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru