Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Asal, Begini Tahapan Mandi untuk Pemilik Kulit Kering

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mandi menggunakan air panas merupakan hal yang disenangi oleh banyak orang karena dapat merileksasi badan. Namun apakah sobat Holopis tahu apabila mandi air panas tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki kulit kering?

Kulit kering atau eczema merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, dan dengan mandi menggunakan air panas dapat memperparah keadaannya karena kulit akan semakin kehilangan kelembabannya.

Nah, bagi sobat Holopis yang memiliki kulit kering, terdapat tahapan mandi yang dianjurkan agar dapat mencegah kulit kering menjadi semakin parah, seperti dikutip Holopis.com dari National Eczema Association, Senin (17/7).

1. Mandi menggunakan air hangat selama 5 sampai 10 menit.
Untuk pemilik kulit kering, disarankan untuk mandi menggunakan air hangat dan tidak disarankan untuk menggunakan air panas, karena air panas dapat menggangu kelenjar minyat di kulit yang justru dapat membuat kulit semakin kering.

2. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan perlahan hingga setengah lembab.
Keringkan tubuh menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan dan jangan digosok dengan kuat, sehingga kulit masih terasa lembab.

3. Dalam waktu tiga menit, balurkan pelembab ke seluruh tubuh.
Jangan menunggu waktu lama untuk membalurkan pelembab ke seluruh tubuh, pakailah saat kulit masih memiliki kelembaban yaitu sesaat setelah mandi.

4. Tunggu beberapa menit sebelum memakai pakaian.
Pelembab yang baru dibalurkan membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit, maka tunggulah beberapa waktu sampai pelembab telah menyerap dengan sempurna, maka setelah itu sobat Holopis dapat memakai pakaian.

Selain tahapan mandi, terdapat beberapa hal yang juga harus diperhatikan oleh pemilik kulit kering, yaitu jangan menggunakan luffa ataupun sponge mandi yang kasar, karena akan memicu pengelupasan kulit dan dapat menyebabkan kemerahan, serta menjadikan kulit semakin kering. Hindari juga penggunaan sabun mandi yang menggandung pewangi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru