Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Vaksinasi dan Pengobatan Covid-19 Masih Dijamin Pemerintah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah telah resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia. Keputusan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (21/6) kemarin.

Kendati demikian, pemerintah tidak akan melepas begitu saja perkara Covid-19 di Tanah Air, seperti perkara vaksinasi dan penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid, Wiku Adisasmito menegaskan, bahwa vaksinasi dan penanganan yang dalam hal ini perawatan pasien Covid-19 sampai saat ini masih dijamin oleh pemerintah.

“Saat ini vaksinasi dan penanganan atau pengobatan pasien Covid-19 masih dijamin oleh pemerintah. Kemudian, kebijakan selanjutnya akan diatur oleh pemerintah,” kata Wiku dalam Konferensi Pers secara daring yang dikutip Holopis.com, Kamis (22/6).

Dia lantas mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada, karena potensi penyebaran Covid-19 masih tetap ada, meskipun status pandemi telah resmi dicabut dan berganti status menjadi endemi Covid-19.

“Maka dari itu, dimohon masyarakat untuk mengikuti anjuran anjuran pemerintah untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat di masa endemi saat ini untuk menghindari penularan Covid-19 dan penyakit lainnya,” pesannya.

Sebagaimana diberitakan Holopis.com, Presiden Joko Widodo mengumumkan, bahwa pemerintah telah resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19, sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi,” ujar Jokowi, Rabu (21/6) kemarin.

Keputusan itu diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus covid-19 mendekati nihil. Hasil sero survei juga menunjukan 99% masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi covid-19.

Tak hanya itu, pencabutan status pandemi juga didasari oleh keputusan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang telah mencabut status public health emergency of internasional concern atas Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru