Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

3 Kesalahan dalam Mencuci Muka yang Jarang Disadari

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebanyakan orang hanya menganggap sepele mencuci muka, sehingga tanpa disadari mereka kerap membuat kesalahan dalam melakukannya. Nyatanya, kesalahan mencuci wajah yang dilakukan setiap hari dapat membahayakan kulit wajah itu sendiri.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja kesalahan mencuci muka yang kerap dilakukan tanpa disadari. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Sabtu (10/6).

1. Semakin Berminyak, Semakin sering Dicuci

Umumnya, bagi seseorang yang memiliki wajah berminyak sering merasa risih dengan kondisi kulit wajah mengkilap. Itu sebabnya, beberapa orang malah lebih memilih sering mencuci muka dengan tujuan mengurangi minyak di wajahnya. Sebaliknya, hal ini justru akan meningkatkan produksi minyak pada wajah.

Pada dasarnya, mencuci muka memang akan mengurangi minyak di wajah, namun kulit wajah akan menjadi lebih kering dan menjadi pertanda bagi kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak lagi minyak. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar mencuci wajah cukup sebanyak dua hingga tiga kali sehari, tergantung jenis kulit dan aktivitas yang anda lakukan.

2. Tidak Melakukan Double Cleansing

Bila anda menggunakan kosmetik atau melakukan aktivitas yang menyebabkan kulit wajah menjadi sangat kotor dan berkeringat, anda perlu mencuci wajah dalam dua tahap (double cleansing). Mulailah dengan menggunakan susu pembersih terlebih dahulu, setelah itu cuci kembali wajah anda dengan pembersih wajah yang bertekstur cair/gel/foam atau anda juga dapat menggunakan micellar water.

Mencuci wajah dengan dua tahap, akan membantu mengangkat kosmetik dan kotoran dengan maksimal, sehingga hasilnya kulit anda akan terbebas dari komedo, jerawat, dan tidak kusam.

3. Penggunaan Pembersih Wajah yang Tidak Tepat

Beberapa orang menyukai sensasi kesat yang dirasakan setelah mencuci wajah. Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa, pembersih yang anda gunakan ‘keras’ bagi kulit wajah. Jenis pembersih seperti itu, mengandung bahan yang mampu menyapu bersih kotoran di wajah bahkan termasuk minyak alami yang terdapat di kulit.

Padahal, minyak alami pada kulit dibutuhkan guna menjaga kelembaban alami pada kulit, sekaligus berfungsi sebagai salah satu komponen pelindung kulit dari paparan dunia luar. Itu sebabnya, pakar kesehatan kulit sangat menyarankan untuk mencuci wajah menggunakan pembersih lembut, dan tidak terlalu banyak mengandung detergen yang ditandai dengan banyak busa.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan kandungan pelembab dan bebas dari bahan iritan seperti alkohol dan pewangi.

Itulah beberapa kesalahan dalam mencuci wajah yang kerap dilakukan tanpa disadari. Bila anda menjadi salah satu orang yang sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas, segera perbaiki guna mendapatkan kulit wajah yang sehat, cantik, dan mulus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru