Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanBunda, Ini 6 Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

Bunda, Ini 6 Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Oleh karena itu, sangat penting memberi ASI eksklusif agar kesehatan bunda dan bayi tetap terjaga.

Adapun ASI eksklusif adalah, pemberian ASI saja tanpa memberi tambahan makanan atau minuman lain pada bayi dengan rentan usia 0-6 bulan. Perlu diketahui, ASI sangat penting diberikan kepada bayi yang baru lahir dan tidak bisa digantikan dengan air tajin atau susu formula.

Hal ini karena, selengkap apa pun nutrisi yang terdapat dalam susu formula tetap tidak dapat mengimbangi nutrisi yang terdapat dalam ASI. Itu sebabnya, bunda perlu mengetahui lebih banyak apa saja manfaat ASI bagi kesehatan bayi.

Simak penjelasannya berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (30/8).

Penerbit Iklan Google Adsense

Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

1. Terdapat zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan bayi, serta berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun kecerdasan si kecil.
2. Melindungi bayi dari alergi.
3. Terjaga keamanan dan terjamin kebersihannya, lantaran langsung disusukan kepada bayi dalam keadaan segar.
4. Membantu memperbaiki refleks menghisap, menelan, serta pernapasan bayi.
5. Dapat membantu bayi lebih sehat, lincah, dan tidak cengeng.
6. Bayi menjadi jarang sakit.

Bunda, itulah beberapa manfaat ASI bagi kesehatan bayi yang perlu anda ketahui. Adapun penjelasan tersebut, diharapkan mampu memberikan motivasi dan kepercayaan diri bagi Bunda agar dapat memberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan pada si kecil.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS