Bunda, Ini 6 Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Oleh karena itu, sangat penting memberi ASI eksklusif agar kesehatan bunda dan bayi tetap terjaga.

Adapun ASI eksklusif adalah, pemberian ASI saja tanpa memberi tambahan makanan atau minuman lain pada bayi dengan rentan usia 0-6 bulan. Perlu diketahui, ASI sangat penting diberikan kepada bayi yang baru lahir dan tidak bisa digantikan dengan air tajin atau susu formula.

Hal ini karena, selengkap apa pun nutrisi yang terdapat dalam susu formula tetap tidak dapat mengimbangi nutrisi yang terdapat dalam ASI. Itu sebabnya, bunda perlu mengetahui lebih banyak apa saja manfaat ASI bagi kesehatan bayi.

Simak penjelasannya berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (30/8).

Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

1. Terdapat zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan bayi, serta berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun kecerdasan si kecil.
2. Melindungi bayi dari alergi.
3. Terjaga keamanan dan terjamin kebersihannya, lantaran langsung disusukan kepada bayi dalam keadaan segar.
4. Membantu memperbaiki refleks menghisap, menelan, serta pernapasan bayi.
5. Dapat membantu bayi lebih sehat, lincah, dan tidak cengeng.
6. Bayi menjadi jarang sakit.

Bunda, itulah beberapa manfaat ASI bagi kesehatan bayi yang perlu anda ketahui. Adapun penjelasan tersebut, diharapkan mampu memberikan motivasi dan kepercayaan diri bagi Bunda agar dapat memberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan pada si kecil.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

3 Bahan Alami yang Ampuh Mengurangi Ketombe pada Rambut

Ketombe adalah masalah umum yang sering kali mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta penampilan. Berbagai faktor seperti kulit kepala kering, infeksi jamur, atau kurangnya perawatan rambut yang tepat dapat menyebabkan ketombe.

3 Minuman untuk Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Baik untuk kesehatan maupun kenyamanan sosial, Sobat Holopis pasti tidak mau memiliki bau badan. Mengendalikan bau badan adalah hal yang penting.

Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.