HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik untuk menghindari puncak arus balik Lebaran 2023 periode kedua yang diprediksi jatuh pada tanggal 30 April dan 1 Mei 2023.

“Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan,” kata Budi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/4).

Selain Lebaran Kupat, Budi juga memprediksi adanya pergerakan kendaraan di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Untuk itu, Menhub Budi mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai hari Kamis ini sampai Sabtu (27 sampai 29 April 2023).

Adapun imbauan itu bertujuan untuk menghindari kepadatan lalu lintas di puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Minggu dan Senin (30 April dan 1 Mei 2023).

Sebagai kompensasi, pemudik yang bersedia melakukan perjalanan balik pada tanggal 27 sampai 29 April 2023 akan diberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen.

“Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin,” tukasnya.