HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyoroti wacana penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang sampai saat ini terus bergulir.

Dia berharap, kontestasi politik lima tahunan yang menjadi pesta demokrasi bagi seluruh elemen Bangsa Indonesia itu dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk itu, Haedar berharap kepada seluruh pihak terkait untuk dapat mempersiapkan segalanya.

“Persiapan ini dibutuhkan agar masyarakat dapat merasakan Pemilu yang berkeadilan dan berkeadaban, sehingga menghasilkan pejabat-pejabat negara yang dapat memajukan hajat hidup bangsa,” tutur Haedar dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (3/4).

Dia berharap, Pemilu yang akan datang tak hanya sekadar demokrasi yang prosedural, tetapi demokrasi yang substansif.

Sebab menurutnya, penyelenggaraan Pemilu yang memegang teguh demokrasi substansif pemimpin yang betul-betul berdiri di atas semua golongan, serta mampu memajukan bangsa dan Negara di atas segalanya, serta menjaga konstitusi dan moralitas bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Haedar juga menekankan betapa pentingnya mengamalkan nilai-nilai luhur yang termaktub dalam Pancasila dan agama, seperti akhlak mulia, keadaban, tasamuh, dan lain-lain, baik dalam perkataan, pemikiran, maupun perbuatan. Terlebih di tahun politik seperti sekarang ini.

“Saya yakin kalau nilai-nilai luhur kita berdasarkan agama, Pancasila, dan budaya bangsa menjadi alam pikiran dan orientasi tindakan, maka kita akan bisa menjadi bangsa yang besar, bangsa yang maju,” tegas Haedar.