Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui Cara Atasi Sembelit saat Puasa, Simak Penjelasannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sembelit merupakan gangguan pencernaan, berupa menurunnya aktivitas usus yang menyebabkan kesulitan buang air besar. Sembelit dapat terjadi kapan saja, bahkan ketika sedang berpuasa. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui, cara mengatasinya.

Adapun penyebab sembelit saat puasa yaitu, perubahan pola makan, konsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan, gangguan usus, atau bahkan makan dalam porsi besar dengan terlalu cepat. Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui cara mengatasinya, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Siloam Hospital, Rabu (29/3).

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup
Perbanyak minum air putih, merupakan salah satu cara mengatasi sembelit di saat puasa. Hal ini bertujuan agar feses tetap lembut dan mudah dikeluarkan, tak hanya itu banyak minum air putih dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan dengan membagi waktu minum air putih, dengan metode 2-4-2 yaitu minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari hingga menjelang sahur, dan 2 gelas waktu sahur.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
Mengonsumsi makanan tinggi serat, dikala sahur dan berbuka terbilang efektif untuk mengatasi sembelit. Pasalnya, hal ini dapat memperlancar saluran pencernaan dalam menyerap serta mengolah makanan. Tak hanya itu, makanan berserat juga mampu melunakkan tekstur feses, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur sebanyak 4 sampai 5 porsi baik saat sahur maupun berbuka puasa, untuk mengatasi terjadinya sembelit.

3. Kelola Stres
Saat stres pergerakan usus dalam memproduksi dan mendorong feses keluar dari tubuh dapat terganggu. Sehingga, penting bagi setiap individu untuk mengelola stres sebaik mungkin, sebagai cara atasi sembelit saat puasa. Anda dapat melakukannya, dengan melakukan hal-hal menyenangkan dan positif, seperti berolahraga, ikuti kegiatan sosial, maupun bermeditasi.

4. Rutin Berolahraga
Walaupun sedang berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin. Pasalnya, hal ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan serta mengatasi susah buang air besar selama berpuasa. Anda dapat beberapa olahraga ringan selama puasa, seperti berjalan kaki, senam aerobik, yoga, atau bersepeda santai.

5. Hindari Menunda Buang Air Besar
Menunda buang air besar, dapat menyebabkan tekstur feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Hal ini merupakan tips penting, serta tidak disarankan untuk menunda buang air besar, agar dapat menghindari sembelit selama berpuasa.

6. Konsumsi Probiotik
Selanjutnya cara atasi sembelit saat puasa anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan probiotik, seperti yogurt, kefir, dan tempe. Pasalnya, probiotik mampu menjaga keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga dapat mengoptimalkan proses proses pembentukan feses. Tak hanya itu, konsumsi probiotik secara rutin juga dapat mencegah peradangan dalam saluran pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Lemak
Tips yang terakhir, hindarilah konsumsi makanan tinggi lemak saat berbuka puasa maupun sahur guna menghindari sembelit. Pasalnya, makanan tinggi lemak cenderung sulit dicerna oleh tubuh dan dapat memperlambat pergerakan usus dalam mendorong feses menuju rektum.

Selama bulan puasa ini, bila anda salah satu orang yang sering mengalami sembelit usahakan agar selalu menghindari penyebabnya yang telah kami sampaikan sebelumnya. Ikuti tips yang telah kami jabarkan, agar puasa anda terhindar dari sembelit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru