Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

PDAM Tirta Mahakam Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih di IKN Nusantara

HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA – Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam, Suparno mengaku sangat bersyukur akhirnya Presiden Joko Widodo menetapkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Sebab kata Suparno, dampak positif terhadap keberadaan IKN Nusantara itu dinilai sangat besar. Salah satunya adalah sektor ekonomi.

“Dampak positif yang akan dirasakan adalah akan adanya percepatan pembangunan di berbagai sektor untuk wilayah deliniasi IKN, yang imbasnya memicu pertumbuhan sektor ekonomi yang sangat menguntungkan masyarakat sekitar,” kata Suparno di Tenggarong, Kukar, Kalimantan Timur seperti dikutip Holopis.com, Senin (30/1).

Kemudian, ia juga melihat permintaan air bersih akan semakin meningkat. Dan ini menurutnya, menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaannya untuk memastikan ketersediaan dan pasokan air bersih bisa dipenuhi dengan baik.

“Salah satu kebutuhan pokok bagi bagi warga Sepaku IKN adalah terpenuhinya pasokan air bersih, maka jika dikaitkan dengan pemenuhan air bersih, tentu ini merupakan peluang yang bagus bagi Perusda Tirta Mahakam Kab.Kukar sebagai penyuplai air bersih untuk warga hunian di IKN,” ujarnya.

Terlebih kata Suparno, potensi cadangan air di Sungai Mahakam yang dikelola oleh Tirta Mahakam adalah bagian sumber air baku yang sangat melimpah.

Sehingga ia sangat yakin, potensi ledakan urbanisasi di Kaltim akibat dampak dari IKN Nusantara menjadi berkah tersendiri bagi perusahannya.

“Berapa juta kubik air pun diambil tidak akan berkurang. Oleh sebab itu, Perusda Tirta Mahakam Kukar mampu siapkan kebutuhan air bersih bagi warga IKN Nusantara,” sambungnya.

Oleh sebab itu, ia pun berharap ada kerjasama yang baik antara Perusda milik pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara itu bisa terjadi baik dengan Badan Otorita IKN Nusantara.

“Kita mengharapkan, agar Ketua BO IKN dan Kementrian PUPR mempertimbangkan alternatif ketersediaan air Sungai Mahakam Kabupaten Kukar menjadi potensi sumber air baku yang siap diberikan untuk mensuplai kebutuhan air bersih warga di Sepaku IKN Nusantara. Kalau dikaji dari segi pembiayaan dan sosial ekonominya, untuk pemasangan jalur pipa air bersih, juga tidak terlalu bermasalah, karena masih melintasi lahannya ITCHI,” paparnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pembunuh Nia Penjual Gorengan Keliling Ditangkap

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Seorang pria bernama Indra Septriaman (26)...

Pemkot Tangsel Keluarkan Edaran Rawan Penculikan Anak

HOLOPIS.COM, BANTEN - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengeluarkan...

SEMMI Sumbar Gelar Muswil ke-II, Tetapkan Nopalion Jadi Formatur Ketum

Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) wilayah Sumatera Barat telah melaksanakan musyawarah wilayah (Muswil) ke-II yang dilakukan di aula Dekopin Sumatera Barat pada hari Minggu 25 Agustus 2024 kemarin.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru