HOLOPIS.COM, JAKARTA – Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh hampir rampung, hanya tinggal beberapa langkah lagi.

Hal itu disampaikan oleh Lodewijk Freidrich Paulus selaku Wakil Ketua DPR Ri sekaligus pemimpin rapat Paripurna DPR ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (20/9).

“Sesuai dengan pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh,” ungkap Lodewijk, sebagaimana dilansir dari situs resmi PSSI, Kamis (22/9).

Selain itu, Lodewijk juga menyebutkan bahwa proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Maka dari itu, selangkah lagi keduanya akan segera memperkuat timnas Indonesia di bawah komando Shin Tae-yong.

Sebelumnya, PSSI hingga Shin Tae-yong berharap proses naturalisasinya rampung secepatnya, agar bisa bermain di FIFA Matchday melawan Curacao, namun hal itu nampaknya belum bisa terjadi.

Meski begitu, dikabarkan bahwa Jordi Amat dan Sandy Walsh dipastikan bakal merumput bersama timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Kamis (22/9), dikatakan bahwa Jordi Amat dan Sandy Walsh memungkinkan untuk main di timnas Indonesia dalam agenda terdekat, yakni pada Piala AFF 2022 bulan Desember mendatang.

Diketahui, Piala AFF 2022 rencananya akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023.

Timnas Indonesia sendiri berada di Grup A bersama dengan tim tuan rumah Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang antara Brunei/Timor Leste.