Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi : Indonesia Harus Bergeser Dari Ekonomi Komoditi Menuju Inovasi dan Teknologi

Jokowi : Indonesia Harus Bergeser Dari Ekonomi Komoditi Menuju Inovasi dan Teknologi

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Pembukaan Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT Tahun 2021 berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin 8 Maret 2021. Pada pidatonya kali ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia harus bergeser dari ekonomi berbasis komoditi menuju ekonomi yang berbasis inovasi dan teknologi.
Indonesia harus meningkatkan kapasitas sebagai produsen teknologi, dan harus meningkatkan kedaulatan teknologi. “Para peneliti, para inovator, dan para industriawan Indonesia semuanya harus bekerja bersama-sama mengembangkan teknologi masa depan, teknologi berbasis revolusi industri jilid keempat, teknologi hijau yang ramah lingkungan, teknologi yang menyejahterahkan rakyat kita,” kata Presiden Jokowi.
Beberapa hal penting yang harus dilakukan BPPT agar bisa menjadi otak pemulihan secara extraordinary, BPPT harus berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan dan siap diterapkan, selama pandemi inovasi alat kesehatan selama pandemi, seperti GeNose dll sudah banyak membantu pasien covid-19. Temuan dibidang pangan dan energy bisa meningkatkan efiseinsi UMKM.
“BPPT harus menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun, teknologi berjalan sangat cepat sekali, kita juga harus memulai untuk tidak sekedar membeli teknologi sering kita hanya terima kunci terima jadi. Kita harus membuat kerjasama produksi teknologi di Indonesia, tolong digaris bawahi yang melibatkan teknolog Indonesia sehingga transfer pngetahuannya berjalan”,perintah jokowi kepada BPPT dan seluruh jajaran kabinet.
Presiden Jokowi juga meminta BPPT harus menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia, saat ini perang AI persaingan dalam menguasai AI sama dengan spacewar di era perang dingin. Siapa yang menguasai Ai dia berpotensi menguasai dunia. Kita memerlukan BPPT yang bisa memproduksi teknologinya sendiri, bangun mesin AI induk yaang bisa memfasilitasi semnagt gotong royong antar inovator dan peneliti, memfasilitasi kecerdasan komputer dan manusia untuk mendukung pemulihan ekonomi yang tidak konvesional sekaligus efektif.(tri)
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=825oF_dkBsQ

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.