Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

KPK Kritik Proses Wawancara Capim Digelar Tertutup

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti proses wawancara calon pimpinan yang digelar panitia seleksi (pansel). Proses wawancara saat ini disebut berbeda dari periode lalu. 

“Sebagaimana diketahui bahwa hari ini dimulai proses wawancara Capim KPK dan Dewas KPK, namun kami melihat pelaksanaan wawancaranya berbeda dengan tahapan wawancara pada periode-periode sebelumnya,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (17/9). 

Perbedaan tersebut menurut Tessa adalah soal sifat wawancara. Di mana periode sebelumnya, proses wawancara dilakukan secara terbuka, namun saat ini justru dilakukan secara tertutup.

“Jika sebelum-sebelumnya proses tahapan wawancara bersifat terbuka, pelaksanaan wawancara di periode ini dilaksanakan dengan tertutup, dihadiri oleh pihak-pihak terbatas, dan tidak disediakan media seperti streaming, yang memungkinkan masyarakat dapat menyaksikan secara langsung berjalannya proses wawancara,” jelasnya.

KPK juga menyoroti tak ada undangan resmi untuk memantau proses wawancara tersebut. Padahal menurut Tessa, pihaknya juga perlu tahu latar belakang hingga program calon pimpinan dan dewan pengawas ke depan.

Tertutupnya proses itu disayangkan komisi antirasuah. Harusnya, proses wawancara itu dilakukan secara terbuka dan disiarkan secara luas agar masyarakat mengetahuinya.

Panitia seleksi (pansel) diketahui menggelar wawancara bagi capim KPK selama dua hari, yakni 17-18 September 2024 di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Sebanyak 20 capim KPK akan diuji sejumlah pihak. Di antaranya mantan Ketua KPK 2003-2007 Taufiequrahman Ruki dan Dadang Trisasongko dari Indonesia Corruption Watch (ICW) atau unsur masyarakat sipil. 

“Oleh karena itu, demi menjaga akuntabilitas pelaksanaan pemilihan capim dan calon dewaa KPK, kami mendorong pelaksanaan wawancara Capim dan Dewas KPK dapat dilakukan dengan terbuka dan dapat disaksikan oleh masyarakat melalui siaran langsung atau streaming,” tegas Tessa. 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kasus Video Bokep Mirip Azizah Salsha Diklaim Segera Naik ke Penyidikan

Selebgram Azizah Salsha mengklaim bahwa kasus pencemaran nama baik termasuk kasus video porno yang disebut mirip dirinya telah mengalami perkembangan signifikan.

Prabowo Ajak Semua Elemen Bekerja Sama, Memberi Semangat dan Saling Koreksi

Presiden terpilih Prabowo Subianto, menyampaikan pidatonya dalam peringantan HUT ke-3 Partai Buruh di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (18/9).

Pidato Prabowo di HUT Ke-3 Partai Buruh : Saya Perjuangkan Keadilan Ekonomi, Bukan Kapitalisme

Dihadapan kader Partai Buruh, Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan selamat HUT ke-3 berdirinya partai yang dipimpin oleh Said Iqbal.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru