BerandaNewsEkobizPenerima Bansos Makin Banyak, Bikin Anggaran Bengkak Rp 11 Triliun

Penerima Bansos Makin Banyak, Bikin Anggaran Bengkak Rp 11 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal menambah alokasi anggaran untuk program bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras serta daging ayam dan telur sebesar Rp 11 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, penambahan alokasi anggaran itu, seiring dengan keputusan pemerintah memperpanjang penyaluran bansos ke masyarakat pada semester kedua 2024.

“Alokasi bantuan beras dan bantuan daging ayam dan telur yang akan diperpanjang tiga bulan, yaitu pada Agustus, Oktober, dan Desember untuk pembayarannya. Ini akan menambah biaya Rp 11 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (10/7).

Berdasarkan data Kemenkeu, total realisasi belanja bansos sepanjang semester satu 2024 tercatat senilai Rp 75,8 triliun. Angka itu naik 3 persen bila dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Adapun kenaikan realisasi bansos tersebut salah satunya dipengaruhi oleh jumlah penerima bansos maupun unit bantuan untuk Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 yang semakin banyak.

Secara rinci, belanja bansos yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) tercatat sebesar Rp37,5 triliun yang digelontorkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan Kartu Sembako bagi 18,7 juta KPM.

Kemudian belanja bansos yang disalurkan melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tercatat mencapai Rp 23,2 triliun. Angka itu disalurkan untuk Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JKN) sebanyak 96,8 juta peserta.

Sementara bansos melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mencapai Rp 13,2 triliun untuk Program Indonesia Pintar (PIP) bagi 8,9 juta siswa dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk 769,4 ribu mahasiswa.

Lalu untuk bansos yang disalurkan melalui Kementerian Agama (Kemenag) tercatat sebanyak Rp1,7 triliun untuk PIP 1,5 juta siswa dan KIP Kuliah bagi 99,86 ribu mahasiswa.

Terakhir, realisasi belanja bansos yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencapai Rp 200 miliar.

Sebagai informasi tambahan, belanja bansos masuk dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos), dimana Realisasi anggaran perlinsos pada semester I 2024 mencapai Rp 176,7 triliun, atau 35,6 persen dari pagu APBN 2024.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

5 Peluang Usaha Menjanjikan di Masa Depan, Berani Coba?

Di era digital yang penuh dengan perubahan dan kemajuan teknologi, peluang usaha baru terus bermunculan bagaikan jamur di musim hujan.

Sri Mulyani : Tanpa Pajak, Indonesia Tak Mungkin Jadi Negara Maju

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pesan penting terkait peran pajak bagi keberlangsungan bangsa dan negara.

Pemerintah Bentuk Satgas Penurunan Harga Tiket Pesawat

Pemerintah telah resmi membentuk satuan tugas (satgas) penurunan harga tiket pesawat. Kabar pembentukan satgas tersebut sebagaimana disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Luhut Bongkar Biang Kerok Harga Tiket Pesawat Mahal

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap penyebab mahalnya tiket pesawat di Indonesia yang selama ini banyak dikeluhkan publik.

Waduh! Ada Camilan Anak Ilegal Asal China, Pemerintah Diminta Segera Ambil Tindakan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Pemerintah Indonesia untuk segera mengambil tindakan tegas, menyusul adanya temuan kasus peredaran camilan anak asal China ilegal beberapa waktu terakhir.

Sri Mulyani Pamer Penerimaan Pajak RI Naik Signifikan : Tahun 1983 Hanya Rp 13 Triliun

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati memamerkan capaian penerimaan pajak Indonesia yang terus mengalami kenaikan dari masa ke masa. Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat memberikan sambutan di acara Spectaxcular, Minggu (14/7).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS