BerandaHistorySejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – 1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan – nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Adapun di tahun ini, 1 Muharram atau tahun baru Islam 1446 Hijriah jatuh pada hari Minggu besok, tanggal 7 Juli 2024. Lantas seperti apa penetapan 1 Muharram sebagai tahun baru Islam?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Holopis.com dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), penetapan 1 Muharram sebagai tahun baru dalam Islam berawal pada tahun 17 Hijriah, ketika Gubernur Abu Musa Al-Asyari mengirimkan surat kepada Khalifah Umar bin Khattab.

Dalam surat tersebut, Abu Musa mengungkapkan kebingungannya mengenai surat-surat yang tidak memiliki penulisan tahun. Sedangkan di masa itu, umat Muslim masih menggunakan sistem penanggalan Arab pra-Islam yang hanya mencantumkan bulan dan tanggal tanpa menyebutkan tahun.

Penerbit Iklan Google Adsense

Usulan Penentuan Tahun

Keresahan Abu Musa Al-Asyari ini mengganggu proses administrasi dan dokumentasi karena sulit menentukan kapan tepatnya surat tersebut ditulis.

Tantangan ini kemudian mendorong Khalifah Umar bin Khattab untuk mengadakan pembahasan mengenai penentuan tahun pertama dalam kalender Islam.

Dalam pembahasan tersebut, terdapat beberapa usulan yang diajukan. Ada yang mengusulkan tahun gajah, yaitu tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW, sebagai awal tahun.

Ada juga yang mengusulkan tahun wafatnya Rasulullah, serta usulan lainnya yaitu tahun hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah.

Setelah melalui diskusi yang panjang, akhirnya usulan dari Ali bin Abi Thalib yang diterima. Ia mengusulkan agar tahun hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah dijadikan sebagai awal tahun dalam kalender Islam.

Keputusan ini didasarkan pada pentingnya peristiwa hijrah dalam sejarah Islam, yang dianggap sebagai simbol perpindahan dari masa jahiliyah menuju masyarakat madani.

Makna Hijrah dan Bulan Muharram

Hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah yang terjadi pada tahun 622 Masehi bukan sekadar perpindahan fisik, tetapi juga perpindahan spiritual dan sosial yang membawa perubahan besar dalam sejarah Islam.

Bulan Muharram kemudian ditetapkan sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah untuk memperingati peristiwa penting ini.

Adapun setiap datangnya 1 Muharram, umat Muslim di seluruh dunia diingatkan kembali akan pentingnya perubahan menuju kebaikan dan keberlanjutan semangat hijrah dalam kehidupan sehari-hari.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat...

Sejarah Hari Revolusi Prancis : Peristiwa Penting dalam Perjalanan Demokrasi Modern

Setiap tanggal 14 Juli, Prancis merayakan Hari Revolusi Prancis, suatu peristiwa bersejarah yang menandai titik balik dalam sejarah bangsa tersebut dan mempengaruhi perkembangan politik dan sosial di seluruh dunia.

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya.

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS