BerandaOtoteknoTeknoViral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Publik saat ini tengah dihebohkan dengan kabar bahwa salah satu dugaan bobolnya server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo karena faktor kesalahan manusia alias orang dalam. Salah satunya adalah publikasi dokumentasi sensitif dan penggunaan password yang rentan ikut menyumbang spekulasi ini.

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang dikelola oleh Kominfo ini. Diduga awal mula celah ini muncul adalah karena kelalaian, atau mungkin keterlibatan orang yang dekat dengan akses ke server Pusat Data Nasional.

Akun X @kafiradikalis membeberkan temuan bahwa kebocoran PDN diduga kuat berasal dari orang dalam sejak 11 Oktober 2022. Parahnya, data tersebut kemudian diunggah dan dibagikan secara gratis dan cuma-cuma di website berbagi dokumen Scribd.

Kadung viral, saat dicek JawaPos.com di Scribd, dokumen kunci yang diduga merupakan akses masuk ke server Pusat Data Nasional yang diunggah di Scribd itu telah dihapus. Sudah tidak bisa lagi ditemukan.

Penerbit Iklan Google Adsense

Namun melalui penelusuran lainnya, data tersebut masih bisa ditemukan. Terungkap fakta mengejutkan bahwa akses ke server Pusat Data Nasional hanya menggunakan password atau kata sandi yang sangat lemah dan bisa ditebak.

Dalam selembaran dokumen berjudul ‘Akses Layanan Pusat Data Nasional Sementara (Government Cloud)’ itu ditemukan bahwa password ke server Pusat Data Nasional atau PDN hanya menggunakan kata sandi Admin#1234.

Dokumen yang diduga diunggah oleh orang dalam di laman berbagi dokumen Scribd itu tertulis akses ke server milik Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Lengkap pula hal lainnya seperti link yang bisa diunduh siapa saja terkait data BPKP.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

WhatsApp Bakal Punya Fitur ‘Favorites’, Hubungi Orang Terdekat Jadi Lebih Cepat

Siapa yang tidak kenal WhatsApp? Aplikasi pesan instan yang satu ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Kini, WhatsApp kembali menghadirkan pembaruan menarik yang siap membuatmu semakin mudah terhubung dengan orang-orang terdekat.

Ini Daftar HP yang Gak Kebagian Jatah HyperOS Versi Terbaru

Xiaomi akan menghadirkan versi terbaru dari operasi sistem (OS) baru mereka yang merupakan pengganti MIUI, yakni HyperOS 2.0 ke beberapa perangkatnya.

Syam Basrijal Sarankan Kombinasi NGFW, SIEM, dan DLP Demi Keamanan Data

Praktisi keamanan data dari PT Tri Kreasi Mandiri Teknologi, Syam Basrijal mengatakan bahwa ancaman keamanan siber di era digitalisasi akan terus berkembang canggih dan semakin kompleks.

APJII Sambut Positif Starlink Jadi Bagian Penyedua ISP di Indonesia

Sekjen APJII Zulfadly Syam, menilai bahwa hadirnya Starlink dari SpaceX dipandang sebagai bagian dari peramai bisnis layanan jaringan internet di Indonesia.

Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Waspada Keamanan Data di Era Digital

Data pribadi merupakan informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu secara spesifik, seperti nama, alamat, nomor telepon, data finansial, dan informasi pribadi lainnya. Dalam konteks digital, data ini sering kali disimpan dan diproses secara elektronik.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS