BerandaNewsHajiMenag Bantah Ada Penyalahgunaan Kuota Haji Tambahan

Menag Bantah Ada Penyalahgunaan Kuota Haji Tambahan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas membantah adanya penyalahgunaan kuota haji tambahan, sebagaimana yang ramai dibicarakan publik saat ini.

Pada prinsipnya, Menag Yaqut menegaskan pihaknya tidak menyalahgunakan kuota haji pada pada operasional ibadah haji 1445 H/2024 M.

“Tidak ada penyalahgunaan kuota tambahan, itu prinsipnya. Kami tidak menyalahgunakan dan insya Allah kami jalankan amanah ini sebaik-baiknya,” ujar Menag dalam keterangannya di Madinah, Jumat (21/6) seperti dikutip Holopis.com.

Sebagai informasi, kuota haji Indonesia pada tahun ini berjumlah 221.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, Indonesia juga mendapat kuota tambahan sebanyak 20.000 kuota. Tambahan ini kemudian dibagi masing-masing 10.000 untuk jemaah haji reguler dan 10.000 lainnya untuk jemaah haji khusus.

Lebih lanjut, Menag menegaskan, bahwa terkait pembagian kuota tambahan yang kini tengah menjadi polemik akan dijelaskan secara detail oleh Dirjen Penyelenggaraan Ibadah dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag). 

Sebelumnya, Ketua Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyoroti kebijakan kuota tambahan yang separuhnya diduga diberikan kepada haji khusus.

Menurut Cak Imin, kebijakan itu memicu rasa keadilan masyarakat yang telah menunggu lama untuk bisa berhaji melalui mekanisme haji reguler, dan dianggap melanggar undang-undang.

Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan, terdapat kecurigaan masyarakat mengenai distribusi kuota visa yang dianggap tidak adil antara haji reguler dan haji khusus.

“Karena itu, ini harus ditelusuri oleh DPR melalui Pansus agar tidak terjadi pengulangan,” kata Cak Imin.

Untuk itu, Cak Imin meminta agar permasalahan tersebut dapat segera diselesaikan, sehingga idak menguap di tengah jalan, guna perbaikan pelayanan dan penyelenggaraan haji di masa mendatang.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Jemaah ke Petugas Haji di Bandara Soetta : Kami Menyambut Pejuang Luar Biasa

Ada yang berbeda di area Kedatangan Internasional Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Lantunan Shalawat Thala’al Badru ‘Alaina menggema ketika para petugas haji Indonesia keluar dari pintu kedatangan bandara.

Kemenag Bicara Nasib Garuda di Musim Haji 2025, Usai Banyak Penerbangan Delay

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief memberikan tanggapan terkait maskapai Garuda Indonesia yang banyak mengalami delay saat melayani penerbangan haji 2024.

Kemenag Buka Peluang Lanjutkan Skema Murur di Musim Haji Berikutnya

Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang untuk melanjutkan skema murur bagi para jemaah pada pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya.

Kemenag Lepas Tangan soal Slot Time Penerbangan Haji 2024

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Saiful Mujab memastikan, bahwa pengurusan slot time penerbangan jemaah haji bukan menjadi tanggung jawab pihaknya, melainkan kewajiban maskapai.

Kemenag Klaim Selalu Ambil Langkah Proaktif Atasi Kepadatan di Mina

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Hilman Latief berbicara soal kepadatan di Mina saat ibadah haji yang disebutnya sudah terjadi sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Kemenag : 166 Ribu Jemaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda mamastikan proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air pada periode penyelenggaraan haji tahun 1445 H/2024 M masih terus berlangsung.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS