Sejarah Keyboard Komputer, Simak Baik-baik ya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi untuk mengetik informasi beserta instruksi perintah di komputer itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Keyboard terdiri dari tombol-tombol dengan terdapat huruf alfabet di dalamnya, mulai dari A sampai Z. Selain daripada itu, terdapat angka dan tombol lainnya.

Lantas, bagaimana sejarah dari Keyboard itu sendiri?

Keyboard ada karena terinspirasi dari mesin ketik yang dirancang Christopher Latham pada 1868.

Kemudian keyboard pertama pun dibuat yang mulanya dari kartu pelubang beserta teknologi pengiriman tulisan jarak jauh atau yang disebut teletype.

Pada 1946, komputer ENIAC kemudian memakai kartu pembuat lubang tersebut, dimana hal itu jadi alat input dan output-nya.

Namun begitu, pada komputer jaman modern, keyboard tak hanya digunakan untuk mengetik informasi, namun juga berguna untuk bermain game.

Bahkan, yang tadinya memakai perangkat kabel penyambung, keyboard sekarang lebih canggih dengan menggunakan sensor atau dipadupadankan dengan perangkat lunak lainnya seperti Bluetooth.

Kemudian Keyboard jaman modern juga lebih bervariasi dari segi desain, tanpa meninggalkan tata letak alfabet beserta simbol-simbol lainnya.

Keyboard modern tak hanya sekadar ada yang tanpa kabel, namun biasanya sudah dilengkapi dengan lampu penerang alias LED sebagai pencahayaan di saat malam hari, kemudian bisa di-setting sesuai keinginan user dengan alat bantu software dan lain sebagainya.

Itu lah sejarah singkat Keyboard komputer beserta penjelasan lainnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Kenapa Yunani Selalu Jadi Negara Pertama yang Muncul Saat Opening Ceremony Olimpiade?

Saat upacara pembukaan Olimpiade berlangsung, salah satu tradisi yang paling mencolok adalah penampilan negara Yunani sebagai negara pertama yang memasuki stadion.

Sejarah Hari Puisi Indonesia, Pengingat Kekuatan Bahasa dan Susunan Kata

Hari Puisi Indonesia merupakan momen penting san salah satu hari besar yang wajib dirayakan, dalam kalender budaya nasional yang merayakan keindahan dan kekayaan sastra puisi di Indonesia.

Hari Waspada Cacing Sedunia, Kesadaran Penting untuk Kualitas Hidup Anak-anak Indonesia

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Waspada Cacing, sebuah inisiatif yang awalnya diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan RI dan Johnson & Johnson, produsen obat cacing terkemuka.

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat...

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...