Senin, 17 Juni 2024
BerandaNewsEkobizJelang Idul Adha, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

Jelang Idul Adha, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyebut harga dan stok bahan pokok, khususnya di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) relatif stabil menjelang Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Hal itu disampaikan Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Pasar Karangayu, Semarang, pada Sabtu 8 Juni 2024 pagi tadi.

“Untuk lebaran Idul Adha, semua sembako, bahan pokok, apa pun yang dibutuhkan masyarakat (termasuk) ayam, daging, telur, semua lengkap, harga stabil,” ujar Zulhas dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (8/6).

Kendati demikian, Zulhas mengaku cukup heran dengan harga bawang di Semarang yang relatif cukup mahal jika dibandingkan dengan di daerah lain yang juga dikunjunginya. Pasalnya, harga bawang di Ibu Kota Jateng ini hampir mencapai Rp50.000 per kilogram.

- Advertisement -

“Di semarang itu kalau bawang (biasanya) lebih murah, tapi ini tadi Rp40.000 sampai Rp45.000. Kemarin itu di Cilegon bawang Rp35.000 sampai Rp40.000. Maka tadi saya tanya, bawangnya dari mana,” ungkap Zulhas.

Meskipun relatif mahal, namun menurut Zulhas harga bawang di Semarang masih di bawah harga yang telah dipatok oleh pemerintah, yakni maksimal Rp 60.000 per kilogram.

Sementara untuk harga bahan pokok lainnya, seperti daging dan telur ayam relatif murah, yakni sekitar Rp 28.000 per kilogram. Hal ini karena peternak ayam di wilayah Jateng yang terbilang cukup banyak.

“Ayam mungkin karena banyak sentranya, jadi terlalu murah. Kalau Rp35 ribu peternaknya rugi,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Zulhas membagikan sekitar 200 pak karung beras kepada masyarakat sekitar di sekitar pasar Karangayu Semarang. Ia mengklaim, pembagian beras selalu dilakukan disetiap kunjungannya ke pasar.

“Selalu saya kalau ke pasar beli beras untuk dibagi-bagi,” katanya.

Adapun dalam kunjungannya hari ini, Zulhas didampingi para artis yang juga politisi PAN, seperti Eko Patrio, Pasha Ungu, hingga Uya Kuya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Prabowo Subianto Tidak Berencana Naikkan Rasio Utang RI

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dipastikan tidak pernah berencana untuk meningkatkan rasio utang negara hingga 50 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Catat! Ini Daftar Pinjol Legal Versi OJK, Dijamin Aman

Pinjaman online alias pinjol sejauh ini masih menjadi andalan masyarakat untuk mendapatkan dana segar di tengah gejolak perekonomian yang semakin tidak menentu.

Pemerintah Perbarui Setengah Juta Tabung Gas LPG 3 Kilogram

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyediakan setidaknya 500 ribu atau setengah juta tabung LPG 3 kilogram (kg) dalam kondisi baru.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS