Bambang Pacul soal Ganjar Deklarasi Jadi Oposisi : Kita Mesti Sadar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPP PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto menanggapi sikap Ganjar Pranowo yang mendeklarasikan diri akan menjadi oposisi di pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Pacul, sapaan akrabnya, pernyataan rekannya sesama kader PDI Perjuangan (PDIP) itu tidak mencerminkan sikap PDIP secara resmi.

Sebab, kata dia, sikap partai berlambang banteng itu akan beroposisi atau tidak ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang baru akan berlangsung pada 24-26 Mei 2024 mendatang.

“Kita mesti sadar, bahwa seperti kader PDI Perjuangan itu adalah organisasi. Sikap organisasi akan ditentukan nanti. Kata pak Sekjen akan ditentukan dalam Rakernas,” kata Bambang dalam podcast Close The Door, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (8/5).

Namun ia mengaku, tidak mengetahui secara pasti, apakah pernyataan Ganjar terkait sikap oposisi itu merupakan merupakan bocoran dari petinggi partai, atau keputusan pribadi.

“Kalau pak Ganjar itu mungkin pernyataan privat, atau beliau dapat bocoran saya tidak tahu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan bahwa ketika dirinya berada di posisi Ganjar, ia mengaku tidak mempunyai keberanian untuk melakukan hal yang serupa, yang mana itu merupakan tindakan yang mendahului kehendak partai.

“Kalo Bambang Pacul gak gitu, gak berani bos, gak berani kalau partai belum ngambil keputusan saya mendahului gak berani,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo mendeklarasikan diri untuk menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, usai kalah dalam kontestasi Pilpres 2024.

Hal itu disampaikannya usai membubarkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (6/5) malam.

Ganjar menegaskan, bahwa dirinya tidak akan masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Saya declare, pertama saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini,” kata Ganjar, Senin (6/5).

Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah mengaku sangat menghormati pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal itulah yang membuat dirinya memilih untuk melakukan kontrol dari luar pemerintahan.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

PDIP Belum Minat Koalisi dengan PSI

PDIP memastikan sampai dengan saat ini pihaknya belum menjalin komunikasi dengan PSI untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

PDIP : Nasib Ahok Ada di Tangan Megawati

PDIP hingga saat ini masih belum bisa memastikan apakah bakal mengsung Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta 2024.

Kasus Harun Masiku, Staf Hasto dan 3 Tim Hukum PDIP Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kemenkumham mencegah lima orang berpergian ke luar negeri. Ini atas permintaan KPK terkait pengusutan kasus dugaan suap Harun Masiku yang masih buron.

PDIP Anggap ‘Habitat Islam’ Anies Baswedan Tergantung Kebutuhan

PDIP ikut berkomentar mengenai habitat Anies Baswedan yang menjadi persoalan antara PKS dengan Partai Nasdem pada saat ini.

Garap Kasus Hasto dan Mbak Ita Berbarengan, KPK Bantah Sedang Bidik PDIP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah adanya tudingan yang menyebut, bahwa lembaga antirasuah itu sedang membidik partai politik (parpol) tertentu, yang dalam hal ini PDI Perjuangan (PDIP).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Kunci Gitar New Feeling – Pamungkas Chord

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pamungkas, penyanyi dan penulis lagu berbakat Indonesia, kembali menyapa para penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "New Feeling". Lagu ini dirilis...