Demokrat Tak Sudi Dukung Anies Maju Pilkada 2024, Masih Trauma Pengkhianatan di Pilpres ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Sjariefuddin Hasan menegaskan bahwa partainya tidak akan mau mendukung Anies Baswedan jika bekas Capres 2024 tersebut punya niat untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kalau dia (Anies) maju di Pilgub Jakarta, kemungkinan besar juga Demokrat tidak akan mengusung dia,” kata pria yang karib disapa Syarief Hasan tersebut, Senin (6/5) seperti dikutip Holopis.com.

Tampaknya, statemen ini masih menjadi rekaman sejarah bagaimana Anies Baswedan mengkhianati AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) dalam Pilpres 2024. Di mana saat itu, Anies secara tertulis mengajak Partai Demokrat bergabung dengan NasDem dan PKS untuk mengusungnya, dengan menjanjikan peluang AHY menjadi Cawapresnya.

Sayangnya di tengah jalan, Anies justru malah berduet dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang sempat mencoba untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto kala itu.

Deklarasi pasangan Anies-Imin dilakukan di Hotel Yamato atau Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023 lalu.

Tentang Anies yang berpeluang untuk maju lagi dalam kontestasi politik, Syarif tak mempermasalahkannya. Menurutnya, itu menjadi hak demokrasi Anies Baswedan sebagai warga negara yang memiliki hak memilih dan dipilih.

“Itu kan haknya Anies, dan hak politiknya Anies untuk maju, kan,” tegasnya.

Sebelumnya, bekas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan jawaban terkait langkah politiknya ke depan setelah kalah dalam Pilpres 2024 dari pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Anies Baswedan mengatakan dirinya tidak mau terburu-buru memutuskan apakah dirinya akan maju menjadi calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 atau tidak.

“Semua yang menyangkut langkah berikutnya, kasih jeda sebentar,” kata Anies di kediamannya, Selasa (30/4) di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan usai acara Halal Bihalal dan pembubaran Tim Nasional Anies-Imin.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

PKB Menanti Lawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

PKB mengungkapkan salah satu alasan mereka belum mengumumkan secara resmi sosok yang akan mereka usung di Pilkada Jakarta 2024.

Nasdem : Calon Kepala Daerah di Jakarta Ditentukan ‘Dewa’

Partai Nasdem mengungkapkan bahwa Pilkada Jakarta sepenuhnya pilihan bukan ditentukan oleh masyarakat maupun partai politik.

PPP Klaim Sandiaga Uno Ogah Maju Pilkada

PPP menyebut bahwa Sandiaga Uno belum pernah menjalin komunikasi dengan internal partai untuk maju di Pilkada 2024.

Takut Lawan Ridwan Kamil, Sandiaga Uno Ogah Maju Pilgub Jabar

Sandiaga Uno mengakui bahwa dirinya tidak akan mampu menghadapi Ridwan Kamil apabila maju dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Kalah di Pilpres, PKS Minta Jatah Gubernur Jakarta ke Gerindra

PKS (Partai Keadilan Sejahtera) terang-terangan meminta agar diberikan kesempatan memenangkan Pilkada Jakarta 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.