Akselerasi Bangun Infrastruktur Kelistrikan IKN, PLN Kolaborasi dengan Kementerian ESDM

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Untuk mempercepat persiapan infrastruktur kelistrikan jelang pelaksanaan Upacara kemerdekaan perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) bersama PLN melakukan Rapat Koordinasi progress kelistrikan Ibu Kota Nusantara.

Direktur Jendral DJK Jisman P. Hutajulu yang memimpin rapat menjelaskan, persiapan infrastruktur kelistrikan dari hulu ke hilir harus didetailkan agar mitigasi resiko terhadap permasalahan yang muncul bisa segera diakomodir.

“Harapannya kesiapan listrik sebagai salah satu infrastruktur pendukung utama terbentuknya IKN bisa segera dimatangkan sesuai dengan konsep yang diusung IKN, oleh karena itu setiap permasalahan yang muncul terkait teknis dan standarisasi yang digunakan bisa kita bahas bersama untuk dikoordinasikan dengan kementrian ataupun bidang terkait,” ungkap Jisman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (2/5).

Lalu, Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto yang turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut menjelaskan bahwa pihaknya baik melalui PLN Kantor Pusat maupun Unit PLN yang berada di lapangan sudah berkoordinasi dengan intens dengan pihak terkait seperti OIKN maupun PUPR untuk memastikan perencanaan distribusi kelistrikannya sesuai dengan master plan pembangunan IKN.

“Kesiapan kelistrikan di IKN kami jabarkan menjadi 3 stream yaitu dari sisi pembangkit, transmisi hingga muaranya di distribusi listrik. Perencanaan infrastruktur kelistrikan yang disusun juga sudah mengakomodir konsep Forest City yang diusung IKN yang mengedepankan energi hijau sebagai support Utama dan didukung teknologi kelistrikan terkini. Oleh karena itu kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar standarisasi kelistrikan yang kami susun bisa selaras dengan grand design pembangunan IKN,” jelas Adi.

Disisi lain General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi menyampaikan, saat ini skema kesiapan kelistrikan mulai dari kecukupan daya hingga sop pengamanan kelistrikan sudah disiapkan PLN guna menyambut event event yang ada di IKN termasuk Perayaaan Upacara kemerdekaan.

“Untuk persiapan agustus nanti, Kami tentunya sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung suksesnya momen bersejarah upacara kemerdekaan di IKN nanti. Skema pengamanan kelistrikan yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan event ground breaking yang sudah sering dilakukan di IKN tetapi dengan sop yang lebih ketat dan jumlah personil siaga yang akan kami tambahkan,” tutur Agung.

Kegiatan Rapat Koordinasi antara DJK dan PLN kemudian ditutup dengan kunjungan lapangan untuk melihat progress pembangkitan, gardu Induk dan jaringan distribusi di lokasi IKN.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Pulihkan Kelistrikan Di Ujoh Bilang, PLN Bentuk tim Khusus

PLN UID Kaltimra menurunkan tim task force dari PLN UP3 Samarinda untuk membantu percepatan pemulihan dan penanganan kelistrikan di Desa Ujoh Bilang Kabupaten Mahulu pasca banjir yang terjadi sejak Selasa (14/5).

Pemkab Mahulu Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur (Kaltim) telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir.

Sungai Mahakam Meluap, Banjir Merendam Mahulu

Banjir merendam sejumlah wilayah di Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur (Kaltim) sejak tadi malam. Bahkan beberapa fasilitas umum ikut terdampak.

SPBU di Rote Ndao Diduga Larang Warga Beli Pertamax

SPBU 56 85123 di Pantai Baru, Rote Ndao mengalami antrian kendaraan yang panjang. Hal itu karena adanya larangan pembelian Pertamax untuk kendaraan pribadi.

Ekonomi Balikpapan Tumbuh Pesat, BI Ajak Seluruh Aspek Bekerja Sama

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, secara resmi mengukuhkan Robi Ariadi sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan,
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...