TOD Sepanjang MRT Jadi Salah Satu Solusi Atasi Kemacetan dan Polusi di Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fary Francis yang merupakan Ketua Komisi V DPR RI periode 2014-2019, menghadiri kegiatan Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum 2024, di KBRI Tokyo, Kamis (25/4).

Dalam kegiatan tersebut, hadir juga Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Dalam kunjungannya, Fary mengaku membahas kerja sama di bidang transportasi, termasuk proyek investasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Pemerintah Jepang begitu antusias untuk berinvestasi. Apa yang telah dilakukan Jepang pada MRT telah menunjukkan komitmen Jepang, begitu konsisten.

“Konsistensi ini adalah satu bentuk nyata keinginan untuk berkolaborasi dan apa yang dirancang ini akan menjadi kenyataan,” ujar Fary yang pernah menjadi tenaga ahli JICA (Japan International Coorporation Agency) atau Badan Kerjasama Internasional Jepang program pemberdayaan masyarakat Indonesia dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Sabtu (27/4).

Sementara itu Budi Karya mengatakan, pemerintah harus siap memfasilitasi investasi pembangunan TOD di sepanjang jalur MRT. Menurutnya, TOD bisa menjadi salah satu solusi kemacetan, polusi, serta kebutuhan akan transportasi keberlanjutan di Jakarta.

Ia menambahkan, MRT Jakarta telah meletakkan fondasi kuat untuk proyek-proyek TOD sejak dibangun pada 2019, dengan menyediakan jaringan transportasi yang efisien dan andal sehingga menciptakan banyak peluang kolaborasi sektor swasta termasuk real estat, ritel, perhotelan, dan lainnya.

“TOD penting karena di situ nilai komersil di dapat dan salah satu solusi mengatasi kemacetan dan polusi. Hal ini tidak mungkin dilaksanakan pemerintah sendiri. Saya mewakili Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan pada kegiatan ini. Kami akan membantu agar apa yang kita lakukan hari ini bisa teralisasi dengan baik,” kata Menhub

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, salah satu hal yang dibahas dalam kunjungan itu adalah pembangunan TOD di Jakarta. Menurut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung pembangunan berkonsep TOD melalui kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Jepang.

Sebagai informasi, PT. Jakarta MRT menyusun enam proyek tawaran investasi pada kesempatan ini yaitu pengembangan Mixed Use Blok M, Pedestrian Deck Sudirman Hub Dukuh Atas, Revitalisasi Stasiun Sudirman, Extended Concourse Bundaran HI, Extended Concourse Fatmawati, serta Revitalisasi Waduk Setiabudi Barat.

Pada kegiatan forum TOD yang diikuti 40 pengusaha dari Jepang dan 20 pengusaha dari Indonesia hari ini, baik Fary Francis, Heru Budi maupun Menhub Budi Karya berharap, investor dan pemangku kepentingan yang mengikuti akan berpartisipasi membangun kota Jakarta yang lebih baik dan terhubung sehingga dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dan luar negeri.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Perdana di Indonesia, MRT Jakarta Gelar Mobility Payment Asia Pacific 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - MRT Jakarta (Perseroda) menyelenggarakan konferensi Mobility Payment Asia Pacific 2024 pertama di Indonesia.  Konferensi ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari...

Penumpang MRT Jakarta Tembus 18,48 Juta di Semester Pertama

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Jumlah penumpang MRT Jakarta tembus 18 juta dari awal Januari hingga Juni 2024 dengan  jumlah rata-rata penumpang tembus 100.000 per hari....

Pandora Box Artmire Festival 2024 Train to Apocalypse: No Way Out Kembali di LRT Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2022 lalu, Train to Apocalypse kembali hadir di LRT Jakarta dalam Pandora Box Artmire Festival 2024....

PT MRT Jakarta Akui Siap Garap Proyek Hingga Ke Tangsel

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT MRT Jakarta memberikan lampu hijaunya terkait proyek rute kereta MRT yang akan berlanjut hingga Tanggerang Selatan. Hal ini diungkapkan langsung...

Stasiun MRT Glodok – Kota Telah Terhubung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Proyek pembangunan stasiun bawah tanah MRT Jakarta semakin dikebut. Teranyar Stasiun Glodok dan Kota kini telah terhubung.  Corporate Secretary Division Head PT...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.