BerandaNewsEkobizMulai Hari Ini, OJK Setop Program Keringanan Kredit Dampak Pandemi Covid-19

Mulai Hari Ini, OJK Setop Program Keringanan Kredit Dampak Pandemi Covid-19

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan untuk menghentikan program keringanan kredit atau restrukturisasi kredit perbankan dampak COVID-19 mulai hari ini, Minggu (31/3).

OJK menyebut, berakhirnya kebijakan tersebut konsisten dengan pencabutan status pandemi COVID-19 oleh pemerintah pada Juni 2023. Serta, mempertimbangkan perekonomian Indonesia yang telah pulih dari dampak pandemi, termasuk kondisi sektor riil.

“Restrukturisasi kredit yang diterbitkan sejak awal 2020 telah banyak dimanfaatkan oleh debitur terutama pelaku UMKM,” bunyi keterangan OJK sebagaimana dikutip Holopis.com, Minggu (31/3).

OJK menilai, industri perbankan telah siap menghadapi berakhirnya kebijakan tersebut. Hal itu ditandai dengan kondisi perbankan Indonesia yang saat ini memiliki daya tahan kuat (resilient), dengan didukung oleh tingkat permodalan yang kuat, likuiditas yang memadai, dan manajemen risiko yang baik.

Kebijakan tersebut tetap disertai dorongan kepada perbankan untuk membentuk cadangan (buffer) yang memadai dalam memitigasi risiko-risiko yang mungkin timbul.

“Tentunya penerapan kebijakan yang mendukung segmen, sektor, industri dan daerah tertentu (targeted) ini diimbangi dengan penerapan aspek manajemen risiko yang lebih ketat (stringent) dan memperhatikan arah normalisasi kebijakan, sejalan dengan yang dilakukan oleh negara-negara lain (common practices) sehingga dapat mempersiapkan industri perbankan untuk kembali pada kondisi normal secara terkendali (soft landing) ketika stimulus berakhir,” bunyi keterangan OJK lebih lanjut.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Piala Asia U-23 2024 : Uzbekistan Sikat Malaysia 2-0 Tanpa Balas

Uzbekistan sukses melibas habis Malaysia di laga Grup D Piala Asia U-23 2024, dengan skor 2-0 tanpa balas.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :