BerandaNewsPolhukamOtto Hasibuan : Gugatan 01 dan 03 Cacat Formil

Otto Hasibuan : Gugatan 01 dan 03 Cacat Formil

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan menyebut, besar kemungkinan gugatan yang dilayangkan kubu paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin dan paslon 03 Ganjar-Mahfud tidak dapat dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebab ia menilai, gugatan dari lawan politik pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran tersebut dalam proses sengketa Pilpres 2024 di MK tidak memenuhi syarat formil alias cacat formil.

Hal itu diungkapkannya setelah mendaftar sebagai pihak terkait dalam gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di MK, pada Senin 25 Maret 2024 malam.

“Secara formal kami melihat bahwa gugatan yang diajukan 01 dan 03 adalah cacat formil, cacat prosedural, sehingga karena tidak memenuhi syarat formil,” ujar Otto seperti dikutip Holopis.com, Senin (25/3).

Penerbit Iklan Google Adsense

“Maka kami melihat bahwa berpotensi besar permohonan itu tidak dapat diterima,” sambungnya.

Otto menegaskan, gugatan yang mempermasalahkan soal proses pelanggaran-pelanggaran di dalam tahapan Pemilu 2024 bukan ranah dari MK, melainkan ranah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai pengawas jalannya Pemilu.

“Ranahnya MK ini adalah merupakan perselisihan tentang hasil pemilu,” tegasnya.

Hal tersebut, lanjut Otto, sudah dengan jelas dan tegas diatur dalam Undang-undang tentang Pemilu (UU Pemilu) Pasal 476, dan telah diadopsi di dalam Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Tahun 2023.

“Untuk mengajukan permohonan saja itu di dalam PMK itu diatur, diatur apa yang harus dimohonkan,” tandasnya.

Sebagai informasi bahwa saat ini, Tim Pembela Prabowo-Gibran telah menyerahkan surat permohonan untuk menjadi pihak terkait dalam dua perkara yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi.

Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, bahwa pihaknya telah melengkapi semua persyaratan yang diminta, termasuk surat kuasa yang telah ditandatangani oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Insya Allah, kami optimis dan siap menghadapi proses selanjutnya dengan penuh integritas dan komitmen dalam menjaga suara kemenangan masyarakat,” tandas Yusril dalam keterangannya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IPW Beri Catatan Keras di HUT 78 Polri : Patuhi Perkap dan Perpol

Ketua IPW (Indonesia Police Watch) Sugeng Teguh Santoso menyampaikan ucapan selamat atas bertambahnya usia Korps Bhayangkara ke 78 tahun yang tiba pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Hari Bhayangkara, Ribuan Personel Polda Metro Jaya Naik Pangkat

Polda Metro Jaya menggelar Upacara Kenaikan Pangkat Periode 1 Juli 2024 bagi seluruh Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama Satker Polda Metro Jaya di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (1/7). 

Pesan Jokowi HUT 78 Polri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun yang ke 78 untuk Korps Bhayangkara. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi di postingan Instagram pribadinya.

Hasto Kristiyanto Siap Hadiri Panggilan KPK Lagi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan siap untuk memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi terkait penyelidikan kasus suap yang melibatkan tersangka buron Harun Masiku.

Hasto Kristiyanto Ngambek Diceramahi Biar Fokus Kasus Harun Masiku

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak bisa banyak berkata-kata menanggapi sindiran dari PSI agar dirinya fokus kepada penanganan kasus Harun Masiku.

HUT ke-78 Bhayangkara, Panglima TNI Titip Pesan Ini ke Polri

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara kepada Polri.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS