BerandaIslampadRamadanKorlantas Siapkan Skema Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran

Korlantas Siapkan Skema Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korlantas Polri memastikan bahwa mereka telah menyiapkan sejumlah skema untuk persiapan pengamanan jalur mudik lebaran.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan, salah satu skema yang bakal digunakan adalah penerapan ganjil genap bagi para pengendara.

“Untuk ganjil genap ini melihat animo masyarakat yang cukup tinggi. Kita juga memberlakukan pembatasan mobilitas kendaraan dengan menerapkan ganjil genap,” kata Aan dalam keterangannya pada Minggu (17/3) seperti dikutip Holopis.com.

Meski ada penerapan aturan tersebut, Aan mengakui bahwa petugas tidak akan memberhentikan kendaraan, memutar balik kendaraan yang melanggar.

Pasalnya, para pengendara yang melanggar sepenuhnya akan dihadapkan pada tilang elektronik yang saat ini telah tersebar di sejumlah titik.

Selain itu, pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa jalur satu arah (one way) dan contra flow guna menghadapi kepadatan arus lalin yang terjadi pada saat arus mudik maupun arus balik lebaran.

Sementara itu, untuk wilayah yang terdampak cuaca ekstrem, Aan mengungkapkan bahwa mereka akan koordinasi dengan pengelola tol untuk menyiapkan pompa air dengan kapasitas besar.

“Sehingga cepat menguras genangan di tol,” imbuhnya.

Aan menambahkan bahwa mereka juga bakal menyiapkan upaya lain yakni mencari jalur-jalur alternatif agar lalu lintas berjalan lancar tanpa mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan seperti biasa, selama arus mudik pun akan terus kami persiapkan untuk jalur-jalur alternatif untuk antisipasi terjadi bencana,” pungkasnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri dan Dirjen Bina Marga Nomor KP-DRJD 1305 Tahun 2024, SKB/67/II/2024, 40/KPTS/Db/2024 tanggal 5 Maret 2024, berikut jadwal pemberlakuan ganjil genap periode Lebaran 2024.

Arus mudik

1. Jumat, 5 April 2024 pukul 14.00 WIB hingga Minggu, 7 April 2024 pukul 24.00 WIB mulai dari km 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta sampai dengan km 414 ruas Tol Semarang – Batang

2 . Senin, 8 April 2024 dan Selasa, 9 April 2024, pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB mulai dari km 0 Jalan Tol Ruas Dalam Kota Jakarta sampai dengan Km 414 ruas Tol Semarang – Batang.

Arus balik

1. Jumat, 12 April 2024 pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB mulai dari Km 414 ruas Jalan Tol Semarang – Batang sampai dengan km 0 Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

2. Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB mulai dari km 414 ruas Jalan Tol Semarang – Batang sampai dengan KM 0 Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

3. Hari Minggu, 14 April 2024 pukul 14.00 WIB sampai dengan hari Selasa tanggal 16 April 2024 pukul 08.00 WIB km 414 ruas Tol Semarang – Batang sampai dengan km 0 Tol Ruas Dalam Kota Jakarta.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Korban Meninggal Longsor Tana Toraja Capai 18 Orang

Jumlah korban jiwa akibat bencana tanah longsor di Desa Lembang Randan Batu, Kecamatan Makale Selatan dan Kelurahan Manggau di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja kian bertambah.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu M.I.A – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - M.I.A atau Missing In Action merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band heavy metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Diketahui, lantunan tersebut dirilis...

Rekomendasi :