BerandaNewsEkobizPemerintah Tak Naikkan Tarif Listrik Demi Jaga Daya Beli Masyarakat

Pemerintah Tak Naikkan Tarif Listrik Demi Jaga Daya Beli Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk tidak menaikkan tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi hingga Juni 2024.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengatakan, parameter ekonomi makro yang digunakan dalam penetapan tarif listrik pada triwulan I-2024 semestinya mengharuskan pemerintah untuk menaikkan tarif listrik.

“Namun untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah memutuskan tarif listrik tetap atau tidak naik,” terang Jisman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (14/3).

Adapun parameter ekonomi makro tersebut yakni realisasi pada November 2023, Desember 2023, dan Januari 2024, yakni kurs sebesar Rp15.580,53/USD. Kemudian Indonesian Crude Price (ICP) sebesar USD77,42/barrel.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, parameter lainnya yakni angka inflasi yang diketahui sebesar 0,28 persen, dan Harga Batu Bara Acuan (HBA) sebesar 70 USD/ton yang sesuai dengan kebijakan DMO Batu bara.

Penggunaan keempat parameter tersebut dalam menentukan penyesuaian tarif listrik, mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo. Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023.

Dalam aturan tersebut, pemerintah berwenang untuk melakukan penyesuaian tarif tenaga listrik bagi pelanggan nonsubsidi setiap tiga bulan sekali.

Selain pelanggan nonbsubsidi, pemerintah juga memutuskan untuk tidak menaikkan tarif listrik 25 golongan pelanggan bersubsidi, termasuk di dalam pelanggan sosial, rumah tangga miskin, industri kecil, hingga UMKM.

“Kementerian ESDM tetap mendorong PT PLN (Persero) agar selalu berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif dengan tetap menjaga mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,” pungkas Jisman.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS