BerandaHiburanKulinerRESEP : Hummus, Takjil Cita Rasa Timur Tengah dengan Bahan Khas Indonesia

RESEP : Hummus, Takjil Cita Rasa Timur Tengah dengan Bahan Khas Indonesia

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menu takjil memang khas dengan pilihan makanan yang manis dan juga mudah ditemui di mana-mana. Namun jika Sobat Holopis menginginkan menu yang berbeda dari yang lain, Sobat Holopis bisa coba bikin sendiri menu takjil khas Timur Tengah dengan resep di bawah ini.

Sobat Holopis pernah coba hummus belum? Hidangan ini terbuat dari kacang chickpea (kacang Arab) yang diolah bersama bahan-bahan lain menjadi pasta yang lembut dan kaya akan rasa. Berikut adalah resep hummus dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Indonesia.

Bahan:

  • 200 gram kacang Arab (chickpea), rendam semalam dan rebus hingga empuk
  • 2-3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sendok makan pasta tahini (bisa dibuat dari biji wijen yang dihaluskan dengan minyak zaitun)
  • 2-3 sendok makan jus lemon
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok teh bubuk jintan
  • Sejumput garam
  • Air secukupnya
  • Daun Peterseli cincang untuk hiasan (opsional)
  • Bubuk cabai merah (opsional)

Cara membuat:

  1. Rendam kacang Arab semalam atau minimal 8 jam sebelumnya. Setelah itu, rebus hingga empuk. Alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan kacang Arab kalengan yang sudah matang.
  2. Setelah kacang Arab empuk, tiriskan dan simpan sedikit air rebusannya.
  3. Masukkan kacang Arab, bawang putih cincang, pasta tahini, jus lemon, minyak zaitun, bubuk jintan, dan sejumput garam ke dalam food processor atau blender.
  4. Proses semua bahan hingga halus dan tercampur dengan baik. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air rebusan kacang Arab hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.
  5. Cicipi hummus dan tambahkan garam atau jus lemon sesuai selera. Jika kamu menyukai rasa pedas, tambahkan bubuk cabai merah secukupnya.
  6. Pindahkan hummus ke dalam mangkuk saji.
  7. Siram dengan sedikit minyak zaitun di atasnya dan taburi dengan daun peterseli cincang untuk hiasan, jika diinginkan.
  8. Sajikan hummus dengan roti pita hangat, irisan sayuran segar seperti timun, wortel, atau paprika, atau bahkan kerupuk sebagai takjil berbuka puasa yang lezat.
  9. Hummus terbaik disajikan dingin, jadi pastikan untuk menyimpannya di dalam lemari es sebelum disajikan.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Presiden Ukraina Kutuk Serangan Iran, Merasa Senasib dengan Israel

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengutuk tindakan Iran dalam menyerang Israel dengan serangan drone dan rudal. Ia pun menyamakan nasib negaranya, Ukraina dengan nasib Israel.

TERPOPULER

Lirik dan Terjemahan Lagu M.I.A – Avenged Sevenfold

HOLOPIS.COM, JAKARTA - M.I.A atau Missing In Action merupakan lagu yang dipopulerkan oleh band heavy metal asal Amerika Serikat, Avenged Sevenfold. Diketahui, lantunan tersebut dirilis...

Rekomendasi :