BerandaNewsEkobizSoal Pegawai BUMN Bisa Libur 3 Hari, Begini Kata Bos BTN

Soal Pegawai BUMN Bisa Libur 3 Hari, Begini Kata Bos BTN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, Nixon LP Napitupulu turut angkat bicara mengenai wacana Menteri Badan Usaha Milik Rakyat (BUMN) Erick Thohir yang memberikan libur 3 hari dalam sepekan kepada para pegawai BUMN.

Menurut Nixon, penambahan waktu libur tersebut masuk akal dan masih memungkinkan untuk dilaksanakan. Sebab menurutnya, hal tersebut tidak terlalu berdampak terhadap industri perbankan pelat merah.

Pun untuk fleksibilitas jam kerja karyawan, katanya menambahkan, sudah semakin baik berkat adanya dukungan dari digitalisasi yang sudah terlebih dahulu dilakukan oleh perseroan, seperti pihaknya

“Sangat memungkinkan, apalagi transaksi sudah semakin ke digital. Sangat memungkinkan. Kan ide itu muncul karena semakin banyaknya transaksi perbankan lewat digital,” katanya dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (11/3).

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, saat ini BTN telah menerapkan aturan flexi time alias jam kerja fleksibel. Kebijakan ini memungkinkan beberapa pegawai untuk masuk kantor lebih siang dengan proporsi jam kerja yang juga digeser untuk waktu pulang yang lebih malam.

Kebijakan ini, kata Nixon, berguna untuk karyawan yang memiliki halangan untuk berangkat kerja di pagi hari.

“Itu by plan, bukan dadakan, seminggu sebelum didaftarkan untuk ikut flexitime. Itu kasih ruang untuk pegawai lebih rileks, terutama karena masalah kemacetan paling banyak alasannya,” terang dia.

Adapun, ketentuan resmi soal pengurangan jam kerja yang diusulkan Erick Thohir masih ditunggu oleh perusahaan-perusahaan pelat merah, termasuk BTN.

Nixon mengaku optimistis, aturan tersebut tidak akan menggangu layanan perbankan yang berjalan. Pasalnya, pegawai dapat tetap bekerja sesuai dengan jam kerja dengan hari libur yang mungkin berbeda.

“Belum tahun kalau itu (penerapan pengurangan hari kerja) ini kapan, kan belum ada resminya,” tandas dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka wacana untuk memberikan libur tiga hari dalam sepekan kepada para pegawai BUMN, dalam program ‘compress working schedule’.

“Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam kalian punya alternatif di Kementerian BUMN. Saya nggak tahu di perusahaan BUMN, mestinya bisa, kalau sudah lebih dari 40 jam mereka punya alternatif mengambil libur pada hari Jumat,” ucap Erick, Kamis (7/3).

Erick menjelaskan, bahwa wacana libur tersebut dilakukan untuk mendorong para pegawai BUMN memiliki kesehatan mental yang terjaga, karena isu terkait kesehatan mental ini dialami oleh 70 persen generasi muda.

Kendati demikian, Erick menegaskan bahwa wacana ini bukan berarti pihaknya di Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk malas bekerja, dan juga bukan berarti setiap Jumat pegawai BUMN bisa libur.

“Ini bukan berarti mendorong kalian jadi malas. Bukan tiap hari Jumat libur ya. Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam dalam minggu itu, kalian bisa register, dalam sebulan dua kali setiap Jumatnya bisa jadi alternatif untuk libur tuh,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS