BerandaNewsTeknoAda Fitur ChaGPT Voice di Android, Bisa Gantikan Google Assistant?

Ada Fitur ChaGPT Voice di Android, Bisa Gantikan Google Assistant?

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Open AI kembali berinovasi dalam memberikan fitur tambahan pada produk populernya, yakni ChatGPT. Dimana fitur tersebut berupa fitur penelusuran via suara atau yang biasa dikenal dengan istilah voice assistant.

Fitur voice assistant sebenarnya bukan jadi teknologi yang baru di dunia gadget. Fitur semacam ini telah disediakan oleh berbagai perusahaan teknologi. Seperti Microsoft dengan Cortana, Apple dengan Siri, dan Google dengan Google Assistant.

Untuk smartphone Android sendiri, Google Assistant merupakan fitur yang sudah tertanam sejak kemunculannya pada Mei 2016 silam, dan bahkan sekarang ini menjadi fitur dasar dari kebanyakan smartphone Android.

Namun dengan kemunculan fitur voice assistant dari Open AI ini, tentu tidak menutup kemungkinan pamor Google Assistant di Android akan semakin tergerus, terlebih ChatGPT sekarang ini telah tersedia di Android dalam bentuk aplikasi.

Ketika aplikasi pihak ketiga seperti ChatGPT ini dijadikan sebagai default asisten di Android, maka aplikasi tersebut akan bisa diakses melalui shortcut asisten di Android.

Bukan tidak mungkin, fitur voice assistant dari Open AI yang dikenal dengan sebutan ChatGPT Voice akan bisa diakses melalui shortcut tekan lama tombol power atau lewat gesture seperti saat mengakses Google Assistant.

ChatGPT Bisa Gantikan Google Assistant

Fitur suara ChatGPT Voice, yang mirip dengan Google Asisstant saat ini baru bisa diakses ketika membuka aplikasi. Namun tidak menutup kemungkinan, chatbot AI dari OpenAI tersebut akan memiliki dukungan untuk menjadi aplikasi asisten bawaan di Android.

Berdasarkan temuan dari Android Authority baru-baru ini, terdapat kode internal aplikasi ChatGPT di Android, dimana ditemukan sebuah activity baru tertulis com.openai.voice.assistant.AssistantActivity.

Activity tersebut ketika diaktifkan bakal membuat ChatGPT dapat muncul ketika pengguna swipe up dari pojok kanan ponsel layaknya mengakses Google Assistant dan menampilkan overlay dari penelusuran suaranya seperti gambar di bawah ini.

Namun, beberapa catatan bahwa fitur tersebut tidak aktif secara default dan juga belum berfungsi secara normal. Tampaknya fitur asisten tersebut masih dalam tahap pengembangan awal.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Pakar Hukum Bivitri Sebut Hakim Tak Wajib Gubris Amicus Curiae

Bivitri Susanti menyampaikan bahwa majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) tidak memiliki kewajiban untuk menerima dan membaca amicus curiae.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :