Jelang Pemilu, BI Laporkan Keyakinan Konsumen Meningkat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Januari 2024 menjelang Pemilu, meningkat dibanding dengan bulan Desember 2023 sebelumnya.

Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia (BI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2024 tercatat sebesar 125 poin. Angka tersebut meningkat dari bulan Desember 2023 yang tercatat sebesar 123,8 poin.

Asisten Gubernur yang sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, peningkatan itu terjadi seiring dengan menguatnya IKE dan IEK.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada Januari 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” ujar Erwin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (13/1).

Adapun IKE, disampaikan Erwin, tercatat meningkat didukung oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini yang juga mencatatkan kenaikan sebesar 5,7 poin dan 1,3 poin.

Sementara itu, IEK yang menunjukkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau meningkat, didorong oleh ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha.

Pada Januari 2024, keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran. Peningkatan optimisme tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp4,1 juta hingga Rp5 juta.

Berdasarkan usia, keyakinan konsumen pada Januari 2024 juga terpantau optimis utamanya pada kelompok usia 20-30 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, terbesar di Kota Medan (14,5 poin), diikuti Ambon (11,2 poin) dan Padang (8,8 poin).

Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKK, terutama di Kota Palembang (9,4 poin), diikuti Pangkal Pinang (4,2 poin) dan Bandung (4,1 poin).

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
Editor : NJB
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER