Pasar Masih Cermati Realisasi Ekonomi RI, IHSG Diproyeksi Bergerak Sideways

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (6/2), diproyeksi bergerak sideways atau mendatar. Demikian dikatakan Tim Riset Phintraco Sekuritas dalam rilis publikasinya.

Menurut mereka, pergerakan indeks saham yang cenderung mendatar karana pasar masih mencerna realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Senin (5/2) kemarin.

“IHSG diperkirakan kembali bergerak sideways dalam rentang 7.175-7.250 pada Selasa (6/2),” tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya yang dikutip Holopis.com.

Secara teknikal, Stochastic RSI mulai bergerak turun dari overbought area bersamaan dengan pergerakan Senin kemarin.

Pada perdagangan hari ini, Phintraco Sekuritas memprediksi level resisten IHSG berada di 7.330. Sedangkan level pivot berada di 7.250, dan level support di 7.175.

Adapun BPS mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2023 sebesar 5,05 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Namun pertumbuhan itu melambat dibandingkan tahun 2022 yang sebesar 5,31 persen.

Meski demikian, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2023 di 5,04 persen yoy, lebih tinggi dari perkiraan pasar yang berada di 5 persen yoy.

“Pasar tampaknya memiliki ekspektasi pertumbuhan ekonomi 2023 yang lebih besar dari realisasi tersebut,” papar riset tersebut.

Faktor lain yang menekan IHSG adalah kecenderungan pasar untuk lebih berhati-hati di pekan pendek ini karena libur panjang akhir pekan. Ada pula faktor eksternal dimana pasar menunggu rilis data inflasi China pada Kamis (8/2).

Alhasil, dengan sederet sentimen tersebut, Phintraco Sekuritas memberikan rekomendasi saham top picks yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diataranya;

  • PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA),
  • PT Kalbe Farma Tbk (KLBF),
  • PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG),
  • PT AKR Corporindo Tbk (AKRA),
  • PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), dan
  • PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS).
Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Peluang IHSG Perkasa Cukup Kuat, Efek Biden ‘Surren’ Masih Dicerna Pasar

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang melanjutkan penguatan, meski masih dibayangi oleh koreksi mayoritas indeks global pada Selasa (23/7) kemarin.

Sejarah GoTo, dari Startup Menuju Raksasa Teknologi Indonesia

Jika berbicara tentang sejarah PT GoTo Gojek-Tokopedia Tbk, tidak terlepas berawal dari dua perusahaan rintisan (startup) Indonesia yang sangat fenomenal di awal kemunculannya, yakni Gojek dan Tokopedia.

Bikin Kaget! Saham GOTO Tiba-tiba Melesat 10 Persen

Pasar dikagetkan dengan pergerakan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mendadak mengalami kenaikan siginifikan pada sesi I perdagangan hari ini, Selasa (23/7).

IHSG Rawan Minor Pullback Hari Ini, Intim Saham Cuannya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih rawan minor pullback ke kisaran 7290 pada perdagangan hari ini, Selasa 23 Juli 2024.

IHSG Berpotensi Menguat di Awal Pekan, Cek Potensi Saham Cuannya

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas sepanjang perdagangan di awal pekan ini, Senin 22 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.