BerandaPolhukamPilpresAde Armando Tak Yakin Kubu Ganjar-Anies Bersatu

Ade Armando Tak Yakin Kubu Ganjar-Anies Bersatu

Kaum elit partai bahkan bisa dituduh sebagai penghianat, hubungan pemilih PDIP dengan pemilik PKS atau dengan kubu 212, Rizieq dan FPI bukanlah sesuatu yang bersifat harmonis untuk jangka waktu yang lama.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Politisi PSI, Ade Armando memberikan respons atas wacana bergabungnya dua kekuatan besar Pilpres 2024, yakni kubu Ganjar Mahfud dengan Anies Muhaimin dalam rangka mengalahkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyatakan kubu Ganjar sudah mulai menjajaki kemungkinan koalisi dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ia juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Jusuf Kalla,” kata Ade dalam paparan awalnya seperti dikutip Holopis.com, Selasa (16/1).

Asumsi ini pun diperkuat dengan tiba-tiba membaiknya komunikasi Anies Baswedan dengan PDIP, yakni dengan pemberian ucapan selamat ulang tahun secara khusus saat PDIP merayakan puncak HUT ke 51.

“Di pihak lain, kubu Anies memberi selamat ulang tahun khusus ketika PDIP berulang tahun. Kalau gitu, mungkin nggak kubu Ganjar bersatu dengan kubu Anies untuk mengalahkan Prabowo. Ya tentu saja mungkin,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Alasan kuat mengapa kubu Anies dan Ganjar ingin bersatu melangkah kekuatan Prabowo-Gibran adalah karena tingkat elektabilitas paslon nomor urut 02 tersebut berada jauh di atas keduanya.

“Saat ini suara Prabowo memang jauh di atas kedua lawannya, tapi kalau Pemilu berlangsung dua putaran selalu terbuka kemungkinan keduanya bersatu untuk menyingkirkan Prabowo,” terangnya.

Pesimis

Hanya saja, wacana keinginan Ganjar-Mahfud dengan Anies-Imin bersatu tampaknya bukan persoalan mudah. Bagi Ade, komunikasi politik lintas elite mungkin saja bisa terbangun karena ada kesamaan kepentingan di dalamnya.

Namun tidak mudah bagi kalangan grass root. Sebut saja kelompok Islam garis keras termasuk di dalamnya adalah kubu FPI yang dipimpin oleh Habib Rizieq bin Husein Shihab. Menurut Ade, merangkul kubu tersebut bukan persoalan mudah bagi PDIP cs.

“Tapi masalahnya ini juga bukan pekerjaan yang mudah, demi kekuasaan para ketua umum dan pimpinan mungkin saja memutuskan bersatu dan komposisi capres cawapres akan ditentukan perolehan suara di putaran pertama,” paparnya.

“Tapi keputusan elit ini sangat bisa dibongkar oleh penolakan di level akar rumput. Kaum elit partai bahkan bisa dituduh sebagai penghianat, hubungan pemilih PDIP dengan pemilik PKS atau dengan kubu 212, Rizieq dan FPI bukanlah sesuatu yang bersifat harmonis untuk jangka waktu yang lama,” lanjut Ade.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS