BerandaPolhukamPilpresAdi Prayitno : Tak Ada Jaminan Poros AMIN Maju di Pilpres 2024

Adi Prayitno : Tak Ada Jaminan Poros AMIN Maju di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat, Adi Prayitno menilai bahwa tak ada jaminan bahwa nasib koalisi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) akan sukses melenggang hingga pendaftaran Capres-Cawapres di KPU.

“Saya kira tidak bisa kita tebak ke depan bahwa seakan-akan poros AMIN ini adalah poros politik yang paling aman bisa daftar ke KPU,” kata Adi dalam diskusi yang diselenggarakan oleh Total Politik yang dikutip Holopis.com, Selasa (26/9).

Ia menegaskan bahwa sepanjang KPU belum menutup tahapan pendaftaran Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024, maka potensi perubahan terhadap komposisi poros politik masih sangat terbuka lebar.

“Sebelum ada pengumuman resmi secara definitif soal siapa kandidat capres yang diumumkan oleh KPU sebagai kontestan di 2024, maka sepanjang itu juga poros-poros politik yang ada saat ini itu masih cukup terbuka,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian, direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) ini pun menilai bahwa sejauh ini tak ada yang bisa menjamin bahwa Cak Imin dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan memiliki iman politik yang kokoh bersama Anies Baswedan, sekalipun sementara ini tiket politik sebagai Cawapres masih dipegangnya.

“Muhaimin ini kan sama PKB tipikal politisi yang suka lompat-lompat, siapa yang bisa menyangka bisa terjebak cinta satu malam gitu loh pak antara PKB dan NasDem, kan kira-kira begitu logikanya. Ada sesuatu yang dipertaruhkan tapi entah itu apa ya ini,” tutur Adi.

Dengan demikian, pengamat politik asal Madura ini menilai jika sekalipun Anies dan Imin sudah seperti sangat solid dan yakin untuk melenggang di Pilpres 2024, tak ada yang bisa memberikan jaminan bahwa mereka tetap kokoh hingga pendaftaran Capres-Cawapres oleh KPU nanti.

“Kita tidak melihat apa pun seakan-akan akan terjadi spesial di kemudian hari, tapi saya masih cukup menduga bahwa sangat mungkin AMIN ini tidak bisa berlayar di 2024,” tukasnya.

Oleh sebab itu, Adi pun mengatakan bahwa narasi koalisi AMIN dikeroyok oleh koalisi raksasa di kubu Prabowo Subianto maupun kubu Ganjar Pranowo adalah sesuatu yang terlalu berlebihan dikatakan.

“Menurut saya terlampau lebay narasi-narasi itu,” tandas Adi.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS