Bapanas Pastikan Beras SPHP Dijual di Harga Maksimal Rp10.900 per Kg

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau National Food Agency (NFA) akan menggelontorkan total 4.500 ton beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi memastikan, beras dari Perum Bulog tersebut bisa sampai ke tangan konsumen dengan harga yang sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp10.900 per kilogram (Kg).

“Ini fokus kita untuk membanjiri pasar dengan beras SPHP yang mana harganya kita atur sesuai dengan HET,” kata Arief dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Jumat (15/9).

Untuk itu, pihaknya meminta agar seluruh toko yang menjual beras SPHP Bulog wajib memasang spanduk informasi harga, sehingga masyarakat dapat dengan mudah dan cepat memperoleh informasi mengenai peredaran beras tersebut di pasaran.

Melakui mekanisme tersebut, lanjut Arief, masyarakat dapat memperoleh beras SPHP dengan harga yang tidak melebihi HET yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Harga beras SPHP di PIBC paling tinggi Rp. 10.385 per kilogram dan di pasar turunan atau di tingkat pengecer sampai kepada masyarakat harga eceran tertinggi sebesar Rp. 10.900 per kilogram,” tuturnya.

Lebih lanjut, Arief juga meminta semua pihak dapat turut mengawasi penyaluran beras SPHP ini dengan harga yang sesuai HET yang telah ditetapkan.

“Tentunya bersama Satgas Pangan Polri kita memastikan penyaluran beras SPHP terdistribusi sampai pasar-pasar turunan dengan baik,” tegasnya.

Saya juga mengajak semua pihak untuk sama-sama mengawasi, jika ada hal-hal yang menyimpang dan tidak sesuai harap melaporkan ke kami atau satgas pangan sehingga pendistribusian beras ini benar-benar tepat sasaran, dan dampaknya mampu menahan lonjakan harga beras sehingga kembali stabil.” sambung Arief.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Bapanas Klaim Bantuan Pangan Beras Turunkan Angka Kemiskinan

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, bahwa program bantuan pangan beras sebesar 10 kilogram (kg) telah berkontribusi dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Idul Adha, Harga Daging Sapi di Pasar Anjlok

Sejumlah bahan pangan pokok, khususnya harga daging sapi murni mengalami penurunan harga pada momen perayaan Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Juni 2024.

SPI Kritik Kebijakan Badan Pangan Nasional Tetapkan HPP Gabah dan Beras Rp6 Ribu/Kg

Ketua Umum SPI Henry Saragih mengatakan, Peraturan kepala Badan Pangan Nasional ini keluar di waktu yang kurang tepat. Dalam pernyataannya, ia menilai keputusan ini kurang tepat karena musim panen utama sudah berlalu.

Bapanas Minta Tambahan Anggaran Rp 20,22 Triliun untuk Bansos

Badan Pangan Nasional (Bapanas) meminta tambahan anggaran sebesar Rp 20,22 triliun untuk kebutuhan penyaluran bantuan sosial (bansos) pangan di tahun 2025.

Harga Bahan Pangan Jelang Idul Adha Naik Semua, Cuma Daging Sapi yang Turun

Harga bahan pangan seperti beras hingga bumbu dapur kompak mengalami kenaikan pada awal pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, Senin 10 Juni 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.